get app
inews
Aa Read Next : Waspada Pertamax Palsu! Bareskrim Bongkar Modus 4 SPBU, Salah Satunya Ada di Depok

Simak, Ini Cara Hemat BBM Ketika Berkendara

Minggu, 04 September 2022 | 17:01 WIB
header img
Cara berkendara dengan tepat agar penggunaan bahan bakar bisa lebih hemat.

JAKARTA, iNewsDepok.id – Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat banyak orang melakukan penghematan dalam penggunaan bahan bakar kendaraan mereka.

Selain itu kenaikan harga BBM juga berimbas pada kenaikan harga segala macam kebutuhan pokok masyarakat.

Namun ada tips yang berguna untuk menghemat BBM pada saat berkendara, sehingga bisa menekan biaya untuk pembelian BBM.

  1. Sesuaikan kecepatan berkendara

Kecepatan berkendara berpengaruh pada pemakaian BBM. Oleh sebab itu, ketahui batas kecepatan kendaraan yang dipakai sesuai dengan standrat yang telah ditentukan.

Kecepatan berkendara di atas ataupun di bawah standar berpotensi menghabiskan BBM secara cepat. Selain itu, dalam kondisi macet, BBM juga banyak terpakai karena kecepatan yang tidak stabil.

  1. Matikan mesin saat berhenti lama

Matikan mesin pada saat berhenti cukup lama atau ketika harus menunggu sesuatu. Karena kondisi mesin menyala pada saat kendaraan berhenti cukup lama, berpotensi menyerap BBM.

  1. Kurangi penggunaan AC

Ada kalanya ketika berkendara menggunakan mobil, sesekali tidak perlu menggunakan pendingin udara atau AC. Khususnya jika melewati jalur yang sejuk dan bebas polusi.

Karena komponen AC dalam mobil mengambil sumber tenaga dari energi yang dihasilkan dari BBM pada mobil. Oleh sebab itu disarankan tidak terus menerus menggunakan AC selama dalam perjalanan.

  1. Gunakan gigi sesuai kecepatan

Kondisikan kecepatan kendaraan dengan menyesuaikan posisi gigi dengan RPM (Revolution Per Minute) atau putaran mesin. Hindari laju kendaraan dengan RPM tinggi, karena hal tersebut berpengaruh terhadap konsumsi BBM.

  1. Bersihkan filter udara secara berkala

Biasakan untuk membersihkan atau mengganti filter udara secara berkala. Tiap produsen kendaraan selalu menyarankan penggantian filter udara setiap beberapa ribu kilometer. Karena udara yang masuk ke ruang mesin berpengaruh terhadap konsumsi BBM pada kendaraan.

Filter udara yang terlalu kotor akan membuat boros BBM, karena mesin bekerja lebih berat untuk mengisap udara bersih.

  1. Cek tekanan udara pada ban

Tekanan udara pada ban kendaraan juga mempengaruhi konsumsi BBM. Jika tekanan udara pada ban kurang, maka kinerja mesin makin berat dan konsumsi BBM makin bertambah.

  1. Hindari beban yang berlebihan

Semakin berat beban pada kendaraan, kinerja mesin juga makin bertambah. Sehingga mesin membutuhkan asupan BBM yang lebih banyak daripada ketika membawa beban dengan berat yang normal.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut