get app
inews
Aa Read Next : Cegah Urbanisasi, Kementan Kuatkan Program Regenerasi dan Modernisasi Pertanian di Kalsel

Pengganti Nasi untuk Makan Malam, Ini Menunya

Selasa, 23 Agustus 2022 | 16:08 WIB
header img
5 Pilihan Menu Pengganti Nasi. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsDepok.id - Konsumsi nasi di malam hari dinilai kurang sehat termasuk untuk orang yang pingin langsing. Sebagai pengganti nasi, tentu ada menu yang lebih sehat sehingga tubuh tak kekurangan energi dan nutrisi.

Tentu upaya mengganti nasi tak mudah. Ini mengingat kebiasaan masyarakat Indonesia adalah makan nasi. Dengan tekad dan keseriusan untuk lebih sehat, menghindari nasi di malam hari bisa dilakukan.

Berikut Ada 5 Pilihan Menu Pengganti Nasi

1. Sayur

Sayur merupakan salah satu makanan sehat pengganti nasi. Umumnya, sayur dapat dibuat menjadi sayur sop, bayam, bisa juga dengan cara dioseng, kukus, atau rebus.  

Wortel mentah, brokoli, irisan mentimun, seledri, paprika, dan tomat adalah kombinasi yang pas dan sangat rendah kalori.

2. Smoothies

Menu ini memiliki kandungan sarat protein yang dapat membantu perbaikan otot dan memperlambat kehilangan masa otot, yang dapat diminum dengan cara mudah dan enak untuk menyelipkan susu kaya protein saat sebelum tidur. Misalnya campurkan 8 ons (240 ml) susu rendah lemak dengan 2/3 cangkir (110 gram) nanas beku untuk camilan tropis dengan hanya sekitar 160 kalori.

3. Sandwich

Kombinasi protein dan karbohidrat kompleks enak dan bisa mengenyangkan seperti dua roti gandum dengan protein tanpa lemak seperti dada ayam, yang di tambahkan sepotong tomat, selada, dan sedikit mayo atau mustard.

4. Nasi Goreng Wijen dan Tahu

Nasi goreng yang diubah menjadi nasi panggang jauh lebih sehat dijadikan makan malam, dengan tambahan tahu yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Seperti peningkatan metabolisme lemak, kesehatan jantung, dan kontrol gula darah, yang perporsinya hanya 435 kalori yang terkandung.

5. Salad Buah

Seperti yang kita tahu, salad buah mengandung bermacam-macam vitamin dan nutrisi dari berbagai buah-buahan, yang juga bisa menurunkan berat badan, risiko penyakit diabetes, darah tinggi dan mencegah kanker.

Itulah 5 makan malam selain nasi yang sehat dan mudah dibuat dirumah yang dapat kamu coba.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut