get app
inews
Aa Read Next : Ketua BEM UI Non Aktif, Melki Sedek Terbukti Lakukan Kekerasan Seksual : Diskorsing Satu Smester

4 Kampus Ternama Ini Miliki Jurusan Sastra Korea

Selasa, 19 Juli 2022 | 08:01 WIB
header img
Belajar di universitas. Foto: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id - Sastra Korea menjadi jurusan yang diminati seiring dengan meningkatnya fenomena hallyu atau tren Korean wave di Tanah Air. Hal ini dimulai sejak banyak penggemar K-drama, K-pop, hingga segala sesuatu yang berbau Korea seperti K-style maupun K-makeup.

Tak heran, bila kemudian banyak anak muda yang ingin berkuliah di jurusan Sastra Korea untuk mempelajari kebudayaan negeri gingseng. Di Indonesia saat ini beberapa universitas ternama membuka jurusan Sastra Korea.

Berikut daftar kampus yang memiliki jurusan Sastra Korea, mengutip Tim Litbang MPI, pada Senin (18/7/2022):

  1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta juga menawarkan jenjang S1 dengan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Kampus prestisius ini menyediakan jurusan tersebut yang dapat membantu mahasiswanya mengasah kemampuan berbahasa Korea secara lisan mapun tulisan.

Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali dengan wawasan tentang budaya dan sosial ekonomi Korea. Lulusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM mempunyai prospek kerja yang cemerlang.

Dalam website resmi UGM disebutkan bahwa lulusan jurusan ini dapat bekerja pada perusahaan-perusahaan Korea, baik lembaga-lembaga pemerintahan seperti Kementerian Luar Negeri, kedutaan besar, dunia pendidikan, perbankan, perusahaan media, dan berbagai instansi swasta.

  1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) menawarkan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea atau Sastra Korea, jenjang S1, yang termasuk dalam Fakultas Ilmu Budaya. Tidak hanya mempelajari bahasanya, mahasiswa juga akan mempelajari kebudayaan, sejarah hingga kondisi ekonomi Korea.

Bila ingin menjadi mahasiswa di jurusan ini, calon mahasiswa nampaknya harus berusaha lebih keras. Pasalnya, jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI merupakan salah satu jurusan dengan tingkat keketatan yang tinggi di FIB UI, bahkan salah satu yang penerimaannya paling ketat di seluruh perguruan tinggi Indonesia.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang terletak di Bandung, Jawa Barat juga mempunyai jurusan Sastra Korea. Lebih tepatnya, jurusan tersebut bernama Pendidikan Bahasa Korea.

Sedikit berbeda dari universitas lainnya, lulusan Pendidikan Bahasa Korea UPI memang lebih diarahkan menjadi guru. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa lulusan Pendidikan Bahasa Korea UPI dapat pula bekerja di sektor bisnis maupun pemerintahan.

Kendati terbilang program studi yang baru, Pendidikan Bahasa Korea UPI telah meraih akreditasi B. Maka, jurusan ini dapat menjadi pilihan calon mahasiswa yang ingin mendalami kebudayaan dan bahasa Korea.

  1. Universitas Nasional

Selain universitas negeri, universitas ternama seperti Universiats Nasional (Unas) yang terletak di Jakarta, juga menawarkan program studi Bahasa Korea jenjang S1. Unas sudah meraih akreditasi A dari BAN-PT.

Sementara jurusan Bahasa Korea UNAS belum mempunyai akreditasi karena baru berjalan sebentar dan belum mempunyai lulusan. Kendati demikian, pihak Unas sudah mempersiapkan mekanisme akreditasi sejumlah jurusan, termasuk program studi Bahasa Korea.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com, dengan judul “Daftar Kampus yang Ada Jurusan Sastra Korea, dari UGM hingga UI.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut