Niluh Djelantik, Desainer Sepatu Asal Bali Yang Karyanya Disukai Selebritis Hollywood

Mikail Mpu
Niluh Djelantik, Pengrajin lokal yang karyanya mendunia (Foto : Instagram Niluh Djelantik)

DEPOK, iNewsDepok.id – Niluh Djelantik adalah seorang pengusaha dan juga perancang sepatu handmade kulit asal Bali. Karyanya tidak hanya dikenal di Indonesia, namun sudah terkenal juga sampai ke luar negeri.

Wanita yang memiliki nama lengkap Niluh Putu Ary Pertami Djelantik ini, masa kecilnya hidup dalam kesederhanaan.

Orang tuanya bercerai ketika dirinya berusia 1 tahun. Dia dibesarkan oleh ibunya dan tinggal bersama beberapa anggota keluarga lain seperti sepupu, paman, bibi, kakek, dan nenek di sebuah kamar kontrakan di Denpasar.

Untuk kebutuhan sehari hari, keluarganya berjualan di pasar yang tak jauh dari kamar kontrakannya.

Setelah lulus SMA di tahun 1994, Niluh Djelantik melanjutkan pendidikannya di Jakarta, dengan kuliah di Universitas Gunadarma jurusan manajemen keuangan.

Awal karirnya dimulai saat dirinya diterima bekerja sebagai operator telepon di sebuah perusahaan tekstil asal Swiss di tahun 1995.

Pada akhir tahun 2001, Niluh Djelantik mendapatkan pekerjaan sebagai Direktur Marketing di sebuah perusahaan fashion Paul Ropp milik pengusaha Amerika Serikat.

Niluh Djelantik pun harus tinggal di New York demi tugasnya yang secara rutin harus melakukan trade show dan membuka pasar untuk perusahaannya.

Di tahun 2003 Niluh Djelantik keluar dari Paul Ropp dan memberanikan diri membuat produk sepatu wanita dengan brand Nilou di daerah Kerobokan Bali.

Seiring berjalannya waktu, produk sepatu Nilou berhasil menembus pasar Eropa. Koleksi pertama Nilou pun langsung terkenal di Prancis dan banjir pesanan hingga 4 ribu pasang.

Namun cobaan datang menimpa Niluh Djelantik, nama brand sepatu Nilou yang sudah mendunia ternyata sudah didaftarkan hak ciptanya oleh pihak lain.

Hal ini memaksa Niluh Djelantik tidak lagi memakai nama brand Nilou, yang kemudian mengganti dengan nama brand Niluh Djelantik dan langsung dipatenkan.

Koleksi sepatu Niluh Djelantik dikenal dan dipakai oleh kalangan selebritis Hollywood, antara lain Gisele Bundchen, Tara Reid, Uma Thurman, Robyn Gibson, Paris Hilton, dan Julia Roberts.

Dalam sebulan, Niluh Djelantik bisa memproduksi 200 pasang sepatu dengan bantuan 15 pengrajin.

Untuk harga produk sepatu Niluh Djelantik dibanderol mulai dari Rp 1,4 juta hingga Rp 5 juta.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network