Survei LSI: Elektabilitas PDIP Masih Tertinggi, Demokrat Alami Peningkatan Tingkat Keterpilihan

Tim iNews
Ilustrasi partai-partai peserta Pemilu. Dok: Sindonews

JAKARTA, iNewsDepok.id - Elektabilitas PDIP masih yang tertinggi berdasarkan survei opini publik yang dilakukan Lembaga Survei Independen (LSI) pada 7 April hingga 15 April 2022.

"Survei ini mengambil populasi warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum ketika survei dilakukan, diambil di 34 provinsi. Dari populasi itu dipilih secara acak sebanyak 1.500 responden dengan margin of error 3.05% pada tingkat kepercayaan 95%," kata Fathur Rahman, Direktur Riset LSI melalui siaran pers yang dikutip Sabtu (23/4/2022). 

Hasil survei ini menunjukkan kalau PDIP dipilih oleh 19,3% dari 1.500 responden, disusul partai Gerindra dengan 12,2%, dan Partai Demokrat dengan 11,3%.

Di posisi keempat hingga sembilan diduduki Golkar (9,9%), PKB (6,1%), Nasdem (4,5%), PKS (4,4%), PPP (3,4%) dan PAN (1,8%).

PSI dan partai-partai baru elektabilitasnya masih dibawah 1%.

"Dari temuan ini bisa dilihat bahwa PDIP cukup mampu mengelola konstituen mereka dibanding partai-partai lain yang berada di pemerintahan," jelas Fathur. 

Partai Demokrat mengalami kenaikan tingkat keterpilihan (elektabilitas), karena penghargaan publik terhadap partai yang berada di luar pemerintahan ini dalam menyikapi kekecewaaan terhadap pengelolaan pemerintahan saat ini.

Meski demikian, jumlah responden yang belum menentukan pilihan sangat tinggi, yakni 23,3%.

 

Editor : Rohman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network