Lima Peluang Karier di Industri Esports

Mikail Mpu
Lima peluang karier paling populer di industri esports; game developer, desainer, animator, content writer, dan streamer. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id-Perkembangan industri esports di tahun 2022 ini semakin positif dan tentunya akan membuka peluang besar untuk kalian yang ingin berkarier di industri esports.

Ada lima peluang karier paling populer di industri esports yaitu; game developer, desainer, animator, content writer, dan streamer. Bahkan bisa dibilang, karier di dunia esports itu lebih besar jika dibandingkan dengan the regular company-nya sendiri.

“Peluang karier pada industri esports lebih dari apa yang dilihat orang seperti pro player atau streamer. Di balik itu semua, ada pula manajer tim, legal, social media manager, juga tim finance yang mengatur keuangan dalam tim esports. Dalam pekerjaan-pekerjaan itu, komunikasi menjadi hal yang penting dan harus selalu diutamakan,” jelas Tasia Eda Lestari, Analyst & Manager dari Bigetron Era.

Dalam setiap pekerjaan, pasti selalu ada tantangan, tak terkecuali pekerjaan di industri esports. Abigail Clarissa Liana, Host dan Esports Shoutcaster merangkum tantangan dasar dalam bekerja yaitu Skill, Consistency, Attitude, Commitment, dan Mental (SCACM). Menghadapi tantangan itu, mengenali potensi maksimal dalam diri adalah hal yang penting. “Tapi yang terpenting, mau bekerja di manapun kita harus mengenali diri kita dahulu. Kenali potensi terbesar kita ada di mana,” ujarnya.

Tantangan lainnya saat merencanakan karier di industri esports adalah persetujuan dari orangtua, terutama jika karier yang dituju adalah menjadi pro player atau streamer. “Cara terbaik dalam membujuk orangtua adalah dengan memberikan pembuktian secara langsung dengan prestasi. Untuk dapat restu orangtua, kita jangan setengah-setengah. Latihan yang rajin agar juara, karena kalau sudah juara, orangtua juga pasti akan mengizinkan,” cetus Tasia.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network