JAKARTA, iNews Depok.id — Teh Pucuk Harum kembali menggelar festival kuliner terbesar, Pucuk Coolinary Festival 2024. Acara yang berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu, 2-3 November 2024 di Gelora Bung Karno (GBK) Parkir Timur Senayan, Jakarta ini menyatukan lebih dari 200 UMKM kuliner dan menyajikan ratusan menu viral yang tengah digandrungi masyarakat.
Dengan tema "Makan Bareng Pucuk, Baru Enak", festival ini tidak hanya menjadi ajang berkumpulnya para pecinta kuliner, tetapi juga menjadi wadah bagi UMKM untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas. Berbagai kuliner unik dan lezat, mulai dari kupat tahu gempol Bandung hingga ikan laut pedas, siap memanjakan lidah pengunjung.
Hadir meresmikan pembukaan Pucuk Coolinary Festival 2024 di Parkir Timur Senayan pada Sabtu pagi, 2 November 2024, Rico Sistanto, Sales and Marketing Director PT Mayora Indah Tbk. “Ini merupakan Festival Kuliner FYP terbesar dari Teh Pucuk Harum. Kami ajak masyarakat untuk bisa menikmati sajian ratusan kuliner viral. Sebagai market leader di minuman teh yang dikenal dengan jargon “Rasa Teh Terbaik Ada di Pucuknya”, festival ini semakin menegaskan dukungan kami terhadap UMKM kuliner,” ujar Rico dalam kata sambutannya.
Rico Sistanto, Sales and Marketing Director PT Mayora Indah Tbk. Foto: Novi
"Pucuk Coolinary Festival merupakan bentuk komitmen kami dalam mendukung pertumbuhan UMKM kuliner di Indonesia," tambah Gina Iswary, Senior Marketing Manager Teh Pucuk Harum. "Kami ingin memberikan kesempatan bagi UMKM untuk berkembang dan memperluas jangkauan pasarnya," tandas Gina.
Dukungan Pemerintah
Festival ini juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah, khususnya Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Dr. Yulius MA, Deputy Usaha Mikro Kementerian UMKM, mengapresiasi inisiatif Teh Pucuk Harum dalam memberdayakan UMKM. "Ini adalah contoh nyata bagaimana sektor swasta dapat berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," ujarnya.
Kehadiran konten kreator seperti Fadil Jaidi juga turut meramaikan festival ini. Fadil mengaku sangat antusias dengan acara ini. "Pucuk Coolinary Festival adalah wadah yang sangat bermanfaat bagi para UMKM. Banyak sekali kuliner unik yang bisa ditemukan di sini," ungkapnya.
Untuk memenuhi semua preferensi pilihan cita rasa konsumen, Pucuk Coolinary Festival hadirkan tiga zona yang terdiri dari pedas, gurih, dan manis dengan lebih dari 500 jenis makanan dan 200 tenant makanan se-Jabodetabek, diantaranya: Sate Klatak Pak Pong, Mie Bangladesh Agam, Ikan Laut Pedas Meldy, Ketan Susu Barito, Soto goreng Bang Ateng, dan beragam tenant lainnya.
Keseruan Lainnya
Selain menikmati beragam kuliner, pengunjung juga dapat menikmati penampilan dari sejumlah artis ternama seperti Rossa, Yura Yunita, RAN, dan Maliq D'Essential. Berbagai lomba menarik seperti lomba makan pedas juga turut memeriahkan acara.
Bagi para UMKM, festival ini juga menjadi ajang untuk saling bertukar informasi dan pengalaman. "Awal saya buka restoran Padang, minumnya sudah Teh Pucuk, banyak sekali manfaat yang saya dapat melalui festival ini. Penjualan saya juga meningkat pesat setelah mengikuti festival ini," aku Uda Naldy, Pemilik Nasi Kapau Pangeran Mudo.
Ki-ka: Gina Iswary (Senior Marketing Manager Teh Pucuk Harum), Uda Naldy, Renald, dan Fadil Jaidi. Foto: Novi
Senada dengan Uda Naldy, Pengusaha Ayam Renald yang sudah ikut festival ini sejak tahun lalu, juga mengakui bahwa ia sangat terbantu dengan adanya festival ini. “Ini merupakan wadah para UMKM kuliner. Kami merasa sangat terbantu, apalagi bagi mereka-mereka yang sedang mencari pasar baru,” ujar Renald.
Sukses dengan penyelenggaraan di Jakarta, Teh Pucuk Harum berencana menggelar Pucuk Coolinary Festival di beberapa kota besar lainnya seperti Palembang, Medan, dan Bali. "Kami berharap festival ini dapat terus menjadi wadah bagi UMKM kuliner untuk berkembang dan semakin dikenal masyarakat," pungkas Gina.
Editor : Mahfud
Artikel Terkait