Lebanon Mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, Timnas Indonesia Terkena Dampaknya

Arjun Caesara Amunadi
Mundurnya Lebanon dari grup H Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, memberikan dampak pada Timnas Indonesia U-17. Foto: PSSI

DEPOK, iNews Depok.id - Timnas Lebanon U-17 resmi mengundurkan diri dari Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Keputusan ini memberikan dampak pada Timnas Indonesia U-17.

Alasan Lebanon memutuskan untuk mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 ialah karena adanya peperangan negaranya antar Israel yang masih berlangsung hingga saat ini. Akibat dari itu, sangat susah untuk bisa berpergian ke luar negeri.

Lebanon seharusnya berada di grup H, bersamaan dengan Malaysia, Laos, dan Uni Emirat Arab. Sedangkan Indonesia berada di grup G Bersama dengan Kuwait, Australia, dan Kepulauan Mariana Utara.

Mundurnya Lebanon tidak hanya berdampak pada peserta grup H, melainkan semua peserta. Terutama tentang penentuan klasemen runner-up terbaik.

Ada perubahan dalam penentuan runner-up terbaik sebagai dampak dari mundurnya Lebanon. Hasil dari laga lawan juru kunci klasemen tak akan dihitung dalam klasemen runner-up terbaik. Hal ini dilakukan agar jumlah laga yang dimainkan seimbang dengan tim grup H.

Akibatnya, jalan Indonesia bisa menjadi sedikit agak rumit jika berada pada posisi runner-up. Hasil laga melawan Kepulauan Mariana Utara nantinya tidak akan dihitung.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, yakin bahwa Indonesia bisa melaju ke putaran final. Menilik masa lalu, Indonesia pernah melawan Australia di Piala AFF U-17 2024, walau pada saat itu Indonesia kalah dengan skor 3-5.

"Kita dengan Kuwait dan Australia, tapi kami masih optimis insya Allah kemarin kita lihat di AFF mereka bertanding dengan Australia dengan kemudian dengan 10 pemain mereka masih bisa melawan," kata Yunus

"Kami masih optimis anak-anak di bawah Coach Nova ini bisa mengatasi. Kami tahu bahwa ada perubahan penilaian peringkat termasuk lolos atau tidak di dua peringkat terbaik," kata dia menambahkan.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network