Terinspirasi dari "Home Sweet Loan", Pinhome dan YouGov Bantu Wujudkan Mimpi Generasi Sandwich

Novi
Ki-ka: Edward Hutasoit-General Manager YouGov Indonesia, Almira Bastari-Penulis Novel "Home Sweet Loan", Dayu Dara Permata-Founder & CEO Pinhome, dan Fibriyani Elastria-CMO of Pinhome (Moderator). Foto: Novi

JAKARTA, iNews Depok.id – Film "Home Sweet Loan" yang sedang tayang di bioskop, menyoroti perjuangan generasi sandwich dalam meraih impian memiliki rumah. Generasi sandwich adalah mereka yang memiliki tanggung jawab finansial untuk merawat orangtua dan anak-anak secara bersamaan.

Terinspirasi, Pinhome dan YouGov Indonesia pun pada Selasa, 08 Oktober 2024, bertempat di Rumah Wijaya, Melawai, Jakarta Selatan, merilis sebuah laporan yang mengungkap kesulitan generasi sandwich dalam memiliki rumah.

Laporan ini menemukan bahwa ada 41 juta generasi sandwich di Indonesia yang sangat ingin memiliki rumah. Namun, mereka dihadapkan pada berbagai tantangan seperti kesulitan menemukan properti yang sesuai, biaya tambahan yang tidak terduga, dan cicilan KPR yang tinggi.

Untuk mengatasi masalah ini, Pinhome pun menawarkan berbagai solusi, seperti platform pencarian properti yang mudah digunakan, simulasi KPR yang transparan, dan fitur penilaian harga properti. Tujuannya adalah untuk membantu generasi sandwich mewujudkan impian memiliki rumah.

Dayu Dara Permata, Founder dan CEO Pinhome mengatakan, "Kami menyadari bahwa generasi sandwich menghadapi tantangan besar dalam mewujudkan mimpi memiliki rumah, karena harus menopang keluarga sekaligus mengejar impian pribadi. Oleh karena itu, Pinhome hadir untuk membuka akses bagi seluruh masyarakat, termasuk generasi sandwich untuk memiliki properti pertama. Melalui kolaborasi dengan YouGov dalam riset ini dan juga mendukung produksi film 'Home Sweet Loan', Pinhome berharap dapat memberikan wawasan kepada seluruh pemangku kepentingan mengenai kebutuhan dan tantangan generasi sandwich, serta menginspirasi mereka untuk mewujudkan mimpi memiliki rumah."

Edward Hutasoit, General Manager YouGov Indonesia mengatakan, "YouGov sebagai penyedia data publik, berusaha menangkap berbagai diskursus penting di masyarakat. Kolaborasi antara Pinhome dan YouGov menghasilkan wawasan berharga tentang perilaku generasi sandwich dalam memiliki properti. Riset terhadap populasi daring generasi sandwich ini menunjukkan bahwa 63% konsumen memanfaatkan media sosial dan 35% menggunakan aplikasi seperti Pinhome untuk mencari properti, menunjukkan pentingnya platform digital dalam memfasilitasi proses pembelian rumah."

Almira Bastari, penulis novel "Home Sweet Loan" yang telah difilmkan menambahkan, "Isu generasi sandwich dan kepemilikan properti ternyata sangat relatable untuk banyak orang, terbukti dari filmnya yang hingga saat ini sudah tembus 1 juta penonton dan respons di sosial media yang luar biasa. Saya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan Pinhome bersama dengan YouGov dalam mengangkat isu ini dan terus berupaya memberikan solusinya. Pesan saya untuk generasi sandwich adalah jadilah pribadi yang empowered dalam menghadapi tantangan hidup, termasuk membeli rumah sambil membantu keluarga.”

Temuan Kunci Lainnya:

Preferensi Properti: Secara umum, generasi sandwich lebih menyukai rumah tapak. Namun, Gen Z menunjukkan preferensi tertinggi terhadap apartemen.

Ukuran Properti: Mayoritas (53% ) memilih properti kecil dengan luas <54m2, sedangkan 31% memilih 55-120m2, yang biasanya merupakan rumah dua kamar sesuai untuk kebutuhan generasi sandwich.

Lokasi adalah penentu: Faktor terpenting dalam memilih properti adalah dekat dengan fasilitas kesehatan (64%), tempat kerja/kantor (62%), fasilitas sekolah (47%), dan transportasi umum (42%).

Sumber Pembiayaan: Tabungan, dukungan keluarga, dan KPR menjadi tiga sumber pembiayaan utama.

Tren KPR: Mayoritas (74%) generasi sandwich yang mengambil KPR lebih memilih tenor cicilan di atas lima tahun.

Kenaikan Tren Sewa: Rumah sewa populer di area sub-urban seperti Bekasi dan Bogor. Total inventori rumah sewa naik 26% pada kuartal 2 tahun 2024.

“Ke depannya Pinhome akan menyediakan lebih banyak lagi solusi bagi generasi sandwich yang ingin memiliki properti, dimulai dari program edukasi komprehensif untuk menjawab kebutuhan generasi sandwich terhadap penasihat keuangan, penilai property, dan berbagai topik lainnya,” tutup Dara.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network