Dari Dapur ke Layar, Kisah Inspiratif Amel Queens, Ratu Fashion Shopee Live

Novi
Amel Queens berhasil membuktikan bahwa siapa saja bisa sukses di Era Digital. Foto: Ist

JAKARTA, iNews Depok.id - Era digital telah membuka banyak peluang bagi siapa saja untuk meraih kesuksesan. Dengan kemajuan teknologi yang semakin inklusif, setiap orang kini memiliki kesempatan untuk mengembangkan bakat dan minat mereka.

Buktinya, Amel Queens, seorang ibu rumah tangga yang berhasil mewujudkan mimpinya menginspirasi banyak orang melalui dunia fashion dengan memanfaatkan kanal live streaming. Kecintaannya terhadap fashion mendorong Amel menekuni karier baru sebagai kreator di fitur Shopee Live, ia aktif membagikan beragam fashion tips untuk perempuan di seluruh Indonesia.

Kreativitasnya dalam menyajikan konten OOTD (outfit of the day) yang selalu up to date menjadikannya sebagai salah satu fashion kreator paling populer di Shopee Live. Kesuksesan ini membawanya mampu meningkatkan kualitas hidupnya bersama keluarga hingga merdeka secara finansial, dengan penghasilan tambahan hingga ratusan juta rupiah per bulan.

Amelia Hasanah, pemilik akun Shopee Live @amel_queens mengatakan, “Perjalanan saya membangun karier sebagai kreator di Shopee Live mengajarkan banyak hal. Saya belajar cara melakukan live streaming yang efektif, mengikuti tren terbaru, dan memahami apa yang dicari oleh audiens. Meskipun prosesnya tidak selalu mudah, saya terus berusaha dan tidak menyerah. Motivasi saya sederhana, bertekad penuh untuk tetap bekerja dan menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan rumah dan mengabaikan peran saya sebagai ibu. Bagi saya, itu sangat penting karena saya juga ingin membantu suami mencukupi kebutuhan keluarga. Konsistensi dalam berkarya pun akhirnya membuat saya semakin mahir membagi waktu, hingga mampu menciptakan keseimbangan antara mengurus rumah dan membangun karir sebagai kreator di Shopee Live.”

Sebagai sosok yang mendedikasikan 24 jam waktunya untuk keluarga, Amelia selalu bangga dengan peran mulianya tersebut sembari di sisi lain memendam hasrat untuk bisa berkarya dan berkontribusi lebih bagi keluarga. Pepatah "banyak jalan menuju Roma" seolah menggambarkan semangatnya untuk mencari peluang. Keteguhannya mencari secercah kesempatan untuk mengeksplorasi ketertarikannya menjadi konten kreator pun terjawab ketika bergabung dengan Shopee Affiliate Program pada 2023 silam.

Tak cepat berpuas diri, ia pun melanjutkan keberuntungannya dengan memanfaatkan peluang lain yang dihadirkan ekosistem Shopee dengan menjadi kreator live streaming di Shopee Live. “Dukungan penuh dari ekosistem Shopee sangat membantu saya menapaki tangga kesuksesan sebagai Shopee Affiliate live streamer di Shopee Live. Terlebih lagi, hadirnya komisi Xtra untuk setiap kreator turut menjadi faktor pendorong tambahan bagi saya untuk terus konsisten berkarya. Ditambah, kisah sukses top kreators Shopee Live yang berhasil mengubah perekonomian keluarga mereka sangat menginspirasi saya. Melihat pencapaian mereka memotivasi saya untuk terus berkembang dan meraih kesuksesan serupa. Hingga kini saya pun telah menciptakan ribuan konten fashion tips dan fashion hacks, yang mempromosikan produk-produk lokal, seperti hijab, gamis, gaun, dan aksesoris lainnya," jelas Amel Queens.

Dari hobi berhasil raih mimpi, Amel Queens raup ratusan juta lewat konten live streaming Setelah dua bulan aktif sebagai kreator di Shopee, Amelia meraih pencapaian luar biasa dalam hidupnya. Penghasilannya kini mencapai ratusan juta tiap bulan nya, mampu memenuhi kebutuhan keluarga dan bahkan melebihi pendapatan sebelumnya. Dengan penghasilan tersebut, ia dapat merenovasi rumah, pergi umroh, dan membiayai pendidikan anak-anaknya di sekolah terbaik.

Amelia merasa ini adalah salah satu pencapaian terbesar dalam hidupnya dan merasa semakin yakin bahwa ia dapat terus berkembang bersama Shopee. Amelia turut merasa bangga karena kontribusinya sebagai kreator live shopping dapat membantu banyak brand lokal dan UMKM untuk berkembang dan dikenal khalayak luas, lewat berbagai produk fashion lokal yang ia promosikan.

Tak hanya itu, kesuksesannya saat ini pun mengantarkannya untuk berdampak lebih luas. Demi meningkatkan kapasitas live streamingnya, ia membangun "Rumah Shopee”, sebuah studio yang berfungsi sebagai tempat tinggal bagi segenap tim yang membantunya. Di Rumah Shopee itu kini seluruh karya dan inspirasi konten-konten berkualitasnya tercipta.

"Rumah Shopee berfungsi sebagai markas besar kami untuk berkreasi, di mana semua tahap proses kreatif berlangsung mulai dari brainstorming, ideation, persiapan properti, gimmick, hingga shooting video. Kami dapat fokus sepenuhnya untuk menghasilkan konten berkualitas tanpa gangguan dari luar. Rumah Shopee bukan hanya tempat kerja, tetapi juga ruang di mana ide-ide segar dikembangkan dan setiap detail diperhatikan agar konten yang kami hasilkan dapat memukau audiens. Keberadaan Rumah Shopee hadir berangkat dari cita-cita mulia saya untuk membuka lapangan pekerjaan bagi enam karyawan saat ini. Tiga di antaranya bekerja sebagai co-host yang mendampingi saya di setiap live streaming, sementara tiga lainnya terlibat dalam proses kreatif, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan," ungkap Amel Queens.

Menurut Amelia, kunci sukses berkreasi di Shopee Live terletak pada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mampu mengoptimalkan fitur ini secara maksimal, antara lain:

  1. Memahami fitur secara mendalam

Bagi Amel, sangat penting untuk memiliki pemahaman mendalam tentang beragam kemudahan yang ditawarkan Shopee Live. Cara-caranya adalah dengan memanfaatkan berbagai kalender kampanye, beragam paket bundling, dan voucher khusus yang dapat menarik minat audiens dan meningkatkan konversi penjualan dari setiap konten yang diciptakan. Selain itu, penting juga untuk menjalin hubungan erat dengan para brand lokal dan UMKM yang produknya sering kita promosikan. Koordinasi yang baik dengan seller memungkinkan kita menyediakan produk tepat waktu, relevan dengan tren terkini, dan sesuai dengan permintaan audiens.

  1. Mempersiapkan teknis dan membangun interaksi

Selain itu, persiapan teknis lokasi shooting video sangat penting. Amelia menekankan bahwa pencahayaan yang baik, terutama untuk produk fashion, membantu menampilkan warna produk dengan jelas, sehingga lebih menarik bagi audiens. Persiapkan juga aspek teknis lainnya seperti tata letak, properti, dan gimmick untuk meningkatkan kualitas konten. Tak kalah pentingnya, bangun interaksi dua arah yang kuat dengan audiens dengan menampilkan sikap ceria dan ramah saat live, serta siap menjawab setiap pertanyaan audiens membantu membangun loyalitas yang kuat, mendorong audiens untuk menjadi pelanggan setia.

  1. Mempelajari tren yang terus berkembang

Tips terakhir dan paling penting bagi Amel adalah kemauan untuk mempelajari tren yang terus berkembang. Kedepannya, ia pun bertekad untuk terus belajar banyak hal baru agar dapat menyuguhkan lebih banyak konten kreatif untuk menginspirasi lebih banyak perempuan Indonesia. Dan Amel juga berharap Shopee dapat terus menjadi wadah kolaborasi brand Lokal dan UMKM bersama konten kreator untuk saling memaksimalkan potensi. Dengan terus memperluas jangkauan traffic live streaming kepada audiens baru, para kreator seperti dirinya akan mampu menjangkau lebih banyak orang dan terus berkembang.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network