Pantas Semakin Diminati, Ternyata Ini Manfaat Olahraga Berkuda untuk Fisik dan Mental

Iyung Rizki
Olahraga berkuda memberikan manfaat untuk kesehatan, baik fisik maupun mental. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Olahraga berkuda saat ini semakin diminati banyak orang, terutama di kalangan anak muda, milenial dan gen Z. Hal ini dikarenakan olahraga berkuda bisa memberikan manfaat untuk kesehatan, baik fisik maupun mental. 

Menurut founder Kezillaz, Anton Pratama, berkuda sampai saat ini masih menjadi salah satu olahraga pilihan masyarakat Indonesia.

“Jadi tren karena disadari banyak manfaat yang bisa didapatkan dari berkuda,”ujarnya.

Mandaat fisik yang dapat diperoleh dari olahraga berkuda antara lain:

1. Memperbaiki postur tubuh

2. Meningkatnya keseimbangan dan koordinasi

3. Meningatkan kekuatan otot

4. Memperkuat jantung

Sementara untuk kesehatan mental, manfaat berkuda antara lain:

1. Mengurangi stress

2. Memberikan efek terapeutik

3. Membangun rasa percaya diri

4. Meningkatkan kemampuan mengendalikan diri yang baik

5. Lebih sensitif dengan makhluk hidup 

“Memang tidak mudah karena ada syarat lantaran terdapat 2 nyawa dari olahraga tersebut yaitu nyawa manusia yang menaiki kuda dan nyawa kuda itu sendiri. Tapi jika semua kompak, maka semua rintangan dan tantangan akan terlewatidengan mudah,” tegasnya.

Untuk melewati itu semua, lanjut Anton, unsur keamanan adalah hal utama.

“Setidaknya perlu menyiapkan perlengkapannya seperti pelana dan sadel, untuk kuda maupun celana berkuda, sepatu boots, helm dan tentunya rompi peindung Semua itu tersedia di Kezillaz,” tuturnya.

Kezillaz sendiri menurut Anton merupakan brand perlengkapan berkuda yang sudah berstandar internasional. Sejumlah atlet nasional pun seperti Agung Riyanto, Asiha Hakeem, Djalu Hakeem dan pelatih senior James Momongan serta sejumah artis ibukota menggunakannya.

Olahraga Penuh Tantangan

Menurut Agung Riyanto dan James Momongan, Olahraga ini memang diakui bukan olahraga yang mudah untuk dijalani. Meski begitu, Agung berpendapat bahwa jika ditekuni maka akan mudah untuk dilakukan.

“Kebetulan saya mengenal olahraga ini sejak kecil. Bukan olahraga yang mudah memang, namun jika kita telaten dan tekun maka akan seperti ini. Penuh tantangan dan adrenalin,” ujarnya. 

Senada dengan Agung, pelatih senior James Momongan juga menjelaskan bahwa berkuda ini merupakan olahraga yang sangat menyenangkan.Berkuda juga melatih kita untuk berani," jelas James.

Meski begitu, karena merupakan olahraga yang mampu menggairahkan adrenalin, Agung menyarankan agar para atlit yang mencoba olahraga berkuda juga harus memperhatikan unsur keselamatan seperti menggunakan alat-alat penyelamat seperti helm, rompi pelindung , sarung tangan dan sepatu boots. 

“Untuk itu saya menyarankan menggunakan seperti produknya Kezilaz karena lebih comfortable ketika digunakan. Saya sudah mencobanya sejak lama. Enak juga dan aman,” tambahnya. 

Sama dengan Agung Riyanto bahwa james momongan juga memakai semua peralatan kezillaz dari Jaket, sadel, ikat pinggang, rompi pelindung. 

Agung dan James memiliki harapan terhadap olahragaberkuda. “Ini adalah olahraga yang aman dan comfortable, akan lahir banyak atlit-atlit yang memiliki prestasi baik.Dan tentunya mengharumkan nama Indonesia di ajanginternasional,” tutupnya. 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network