Merah Putih di Situ Rawa Besar Kampung Lio: Masa Depan Anak Depok

Mada Mahfud
Anak-anak Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kota Depok tengah asyik bermain di sekitar plang nama Situ Rawa Besar yang dicat merah putih. Foto: Mada Mahfud

DEPOK, iNews Depok.id – Depok dikenal sebagai kota seribu danau atau seribu situ. Julukan kota seribu situ mengacu banyaknya situ di Depok, meski berdasarkan data Kementerian PUPR jumlahnya saat ini hanya tersisa 21 situ.

Salah satu situ terbesar di Kota Depok adalah Situ Rawa Besar yang terletak di Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas. Luasnya mencapai 13 hektare.

Plang nama situ, terletak jelas menggunakan plat besi ukuran besar: Situ Rawa Besar. Semakin mencolok dengan plang nama yang dicat warna merah dan putih. Persis seperti warna bendara Republik Indonesia.

Warna merah dan putih tentu memiliki alasan tersendiri bagi otoritas pengelola Situ Rawa Besar.

Dari pantauan iNews Depok, lokasi plang nama Situ Rawa Besar menjadi salah satu favorit warga untuk berkerumun terutama anak-anak.

Mereka berdiri, bersandar, dan bergeledotan ke plang besi seperti layaknya anak-anak pada umumnya.

Tak hanya anak-anak, kaum muda dan orang tua, juga banyak yang  berada di sekitar plang nama. Mereka duduk-duduk di tembok keliling situ dan menempatkan gelas kopinya di tembok plang nama yang posisinya lebih tinggi.

Dengan semilir angin yang menghempas uap air, suasana menjadi sangat cocok untuk tempat asyik mengisi waktu sambil ngobrol dengan rekan-rekannya.

Situ Rawa Besar yang luasnya mencapai 13 hektare memang menjadi lokasi favorit warga Depok terutama warga Kampung Lio. Untuk bermain, menikmati waktu dan diskusi sesama warga, tak perlu mahal. Banyak jajanan murah meriah yang disediakan warga lokal.

Keberadaan situ di Depok yang jumlahnya banyak menjadi aset tersendiri untuk masa depan Depok dan Indonesia.

Warna merah putih yang dominan seperti di plang nama Situ Rawa Besar tentu diharapkan akan merasuk ke benak anak-anak Depok, anak-anak yang memiliki jiwa merah putih.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network