Hiburan Unik Panjat Pinang Kampung Lio Depok, Terpeleset Auto Kecebur ke Situ Rawa Besar

Mada Mahfud
Warga RW 13 Kampung Lio, Kelurahan Depok tengah memasang hadiah untuk lomba panjat pinang di atas Situ Rawa Besar. Foto: Mada Mahfud

DEPOK, iNews Depok.id – Lomba panjat pinang khas RW 13 Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok memiliki keunikan tersendiri. Peserta yang terpeleset auto kecebur ke Situ Rawa Besar.

Lomba panjat pinang akan berlangsung hari ini, Minggu (25/8/2024).  Lomba panjat pinang dan aneka lomba lainnya rutin digelar di Situ Rawa Besar.

Sabtu (24/8/20204), Rosyid dan puluhan warga RW 13 Kampung Lio tengah asyik memasang aneka hadiah untuk dipasang di ujung pohon pinang yang sudah dibersihkan.

Hadiahnya macam-macam, mulai dari mie instan, kompor gas mini, kipas angin, baju, dan lain-lain.

Rosyid dan warga harus eksta hati-hati karena batang pohon pinang di pasang di atas Situ Rawa Besar. Jika tak hati-hati mereka akan kecebur ke Situ Rawa Besar meski untuk memasang aneka hadiah, warga menggunakan rakit.

"Iya Bang, ini lagi masang hadiah-hadiahnya. Banyak hadiahnya, untuk ramai-ramai peringatan Agustusan," kata Rosyid.

Panjat pinang di RW 13 Kampung Lio memang unik. Lomba berlangsung di atas perairan Situ Rawa Besar. Sudah pasti para peserta yang terpeleset akan kecebur ke Situ Rawa Besar.

Kemungkinan para peserta terpeleset sangat besar. Meski dipasang miring sekitar 30 derajat, bukan hal mudah untuk memanjat pohon pinang hingga ke ujung untuk menjangkau hadiah.

Dengan batang pinang dilumuri pelicin, peserta lomba akan dengan mudah terpeleset dan kecebur ke Situ Rawa Besar.

Justru peristiwa terceburnya peserta ke air menjadi tontontan paling mengasyikkan. "Warga yang menonton pasti akan tertawa-tawa kalau ada peserta kecebur. Semua tertawa dan terhibur, termasuk pesertanya juga," ujar Rosyid.

Selain lomba panjat pinang, juga ada lomba gebuk-gebukan bantal di atas Situ Rawa Besar. "Pasti akan banyak juga yang kecebur," ceplos Rosyid sambil tersenyum.

Rosyid dan warga sepertinya sudah tak sabar menantikan loma yang akan berlangsung sore hari. "Hiburan seperti ini memang yang kita tunggu-tunggu. Warga berkumpul dan semua terhibur dengan lomba tradisional ini Bang," lanjut Rosyid.

Situ Rawa Besar bagi warga Kampung Lio merupakan sarana yang paling asyik untuk tempat nongkrong. Terdapat trek untuk jalan kaki selebar 2 meter mengeliling situ atau danau seluas 13 hektare ini.

Ramainya warga yang mengunjungi Situ Rawa Besar juga mendatangkan ekonomi bagi warga sekitar. Mereka menjajakan minuman dan makanan.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network