JAKARTA, iNews Depok.id - Indonesia makin diminati wisatawan mancanegara. Pada semester pertama tahun 2024, data pencarian akomodasi platform perjalanan digital Agoda menunjukkan, kenaikan 33% terhadap minat melakukan perjalanan ke Indonesia.
Indonesia pun masuk dalam tiga destinasi teratas bagi wisatawan Australia, India, Malaysia, dan Belanda. Dimana wisatawan India, Belanda, Australia, dan Selandia Baru sangat menyukai Bali. Pulau Dewata selalu menjadi pilihan utama mereka, saat berkunjung ke Indonesia.
Sebagian besar pencarian ke Indonesia berasal dari Singapura, disusul Malaysia, Korea Selatan, Australia, dan India yang melengkapi lima besar.
Ketertarikan wisatawan Eropa juga meningkat, dengan kenaikan sebesar 23% dalam pencarian ke Indonesia pada semester pertama 2024 dibandingkan tahun lalu. Sebagian besar pencarian dari Eropa berasal dari Prancis, Inggris, Jerman, Belanda, dan Spanyol.
Indonesia juga menjadi destinasi yang semakin populer di kalangan wisatawan asal India dan Asia Utara seperti Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan.
Pertumbuhan minat dari Asia Utara telah meningkat pada enam bulan pertama tahun ini, dengan pencarian akomodasi dari Hong Kong naik 57%, dari Korea Selatan naik 54%, Jepang naik 50%, dan Taiwan naik 38%, dibandingkan semester pertama 2023.
Destinasi Favorit: Bali, Jakarta, Tangerang
Dalam kesempatan konferensi pers pada Selasa, 6 Agustus 2024 di Plataran Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda untuk Indonesia mengatakan, “Meningkatnya jumlah pencarian terhadap Indonesia menunjukkan pesona negara ini dan keberhasilan strategi pemasaran destinasi dari pemerintah. Agoda mendukung target tersebut dengan memanfaatkan teknologi kelas dunia untuk memberikan pengalaman perjalanan yang mudah dan sesuai dengan kebutuhan wisatawan Indonesia, sekaligus meningkatkan daya tarik Indonesia bagi wisatawan mancanegara. Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah dan mitra akomodasi untuk mendorong pertumbuhan pariwisata dan terus membangun posisi Indonesia sebagai destinasi wisata terbaik.”
Gede mengungkap, ada peningkatan signifikan dalam jumlah wisatawan domestik dan mancanegara, dengan Bali, Jakarta, dan Tangerang menjadi destinasi favorit. “Kalau Bali memang sejak dulu sudah menjadi tempat wisata favorit. Adapun Jakarta memang didominasi oleh perjalanan bisnis. Nah, munculnya Tangerang sebagai destinasi favorit cukup unik. Bisa jadi dikarenakan saat ini sudah banyak tempat bisnis, wisata, kuliner, dan juga shopping di kawasan Tangerang,” kata Gede.
Wonderful Indonesia
Agoda pun telah secara aktif bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan menjadi mitra resmi 'Wonderful Indonesia'. Agoda turut memperkuat industri pariwisata tanah air dengan membagikan praktik terbaik dalam pariwisata berkelanjutan, berinvestasi dalam kampanye lokal, dan meluncurkan promosi khusus untuk mendukung akomodasi lokal.
Tren dunia sekarang ini adalah bagaimana perjalanan itu berkelanjutan (sustainability). Menurut Gede, hal ini sangat penting. “Saat kita lakukan survei, banyak wisatawan yang ingin berpartisipasi untuk wisata berkelanjutan ini. Kita pun baru launch namanya, ECO Deals. Partisipasi para penyedia akomodasi yaitu hotel diskon 15 persen jika booking dengan ECO Deals. Ada 6000 hotel Indonesia yang ikut. WWF bantu sebarkan advice destinasi dan kegiatan untuk ECO Deals. Agoda akan berikan donasi 1 dolar per booking. Kita akan donasikan satu juta dolar melalui WWF untuk lingkungan itu sendiri. ECO Deals diantaranya, bekerja sama dengan WWF bantu konservasi Bukit 30 di Riau. Negara-negara Asia lainnya juga ikut dalam program pariwisata berkelanjutan ECO Deals ini, sehingga impact-nya bisa diperbesar,” urai Gede.
“Ada beberapa alasan kenapa para responden ikut program ECO Deals ini. Mereka jika bepergian ke satu daerah, bisa berpartisipasi menyelamatkan lingkungan dimana mereka menginap dan bepergian. 80 persen tertarik dengan insentif dan diskon dalam paket berkelanjutan. 20 persen pilih melanjutkan dengan paket sustainability. 12 persen tertarik untuk edukasi misal ada pelatihan untuk cara membuang sampah yang benar,” jelas Gede.
Dikatakan Gede, Agoda yang bermarkas di Singapura saat ini telah memiliki 7000 karyawan di 25 negara dengan 98 kebangsaan. Tak hanya itu, ada 34-38 bahasa di platform Agoda sehingga bisa diunduh dengan bahasa lokal.
“Paket khusus Wonderful Indonesia, ada 6.000 hotel Indonesia yang ikut berpartisipasi. Mulai dari yang kecil hingga besar, bintang 1 hingga 5, home, dan termasuk rekanan di desa wisata,” jelas Gede.
“Khusus untuk Indonesia, kita menjembatani bahkan untuk pemilik satu kamar, dua kamar pun, kita bantu. Termasuk tempat yang terpelosok dari Sabang sampai Merauke,” tandas Gede.
Tak hanya menjadi destinasi wisata yang semakin populer, data Agoda juga menunjukkan peningkatan jumlah pencarian wisata yang berasal dari dalam negeri, dengan kenaikan 20% untuk pencarian wisata domestik dan 13% lebih banyak pencarian untuk wisata ke luar negeri.
Peningkatan pencarian perjalanan secara menyeluruh (across-the-board) telah mendorong kinerja Indonesia yang kuat di berbagai peringkat pencarian di Agoda. Pada paruh pertama tahun 2024, Indonesia menjadi salah satu dari lima negara asal teratas Agoda, berdasarkan jumlah pencarian akomodasi.
Pencarian penerbangan dari Indonesia juga meningkat, menjadikannya negara asal terbesar kedua pada bulan Juni. Dari semua pencarian yang dilakukan di Agoda, wisatawan Indonesia paling sering menggunakan perangkat mobile. Tren ini mencerminkan pergeseran berkelanjutan di Indonesia menuju perencanaan perjalanan yang mengutamakan perangkat mobile.
Survei yang dilakukan di platform Agoda mengungkapkan bahwa perjalanan petualangan merupakan motivasi terbesar bagi wisatawan Indonesia. Sebanyak 42% responden menjadikan hal ini sebagai alasan untuk bepergian. Diikuti perjalanan untuk kebugaran (wellness) sebanyak 35%, lalu berkumpul bersama keluarga dan teman (33%) yang masuk dalam tiga besar.
Agoda baru-baru ini meluncurkan brand campaign terbaru di Indonesia yang dibintangi oleh Anya Geraldine. Berjudul 'Liburan Tenang, Dompet Senang', video yang baru saja diluncurkan ini berfokus pada liburan dengan harga terjangkau, sehingga memudahkan orang untuk lebih sering bepergian di Indonesia dan sekitarnya. Kampanye ini dapat disaksikan di saluran TV dan digital di seluruh Indonesia.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait