Besok Ekshumasi dan Autopsi Jenazah Ella Nanda Kasus Sedot Lemak WSJ Beauty Depok

Mada Mahfud
Dokter forensik dan penyidik Polres Depok besok, Senin (5/8/2024) akan melakukan ekshumasi dan autopsi jenazah Ella Nanda Sari Hasibuan yang dimakamkan di Kelurahan Alur Dua Baru, Kecamatan Sei Lepan, Langkat, Sumatera Utara. Foto: Jafar iNews Medan/Ist

DEPOK, iNews Depok.id - Besok, Senin (5/8/2024) jenazah Ella Nanda Sari Hasibuan akan digali dari makam (ekshumasi) dan selanjutnya dibedah (autopsi) untuk kepentingan penyidikan. 

Ella Nanda Sari Hasibuan (ENSH) tewas pada 22 Juli 2024 setelah menjalani sedot lemak lengan tangan di klinik WSJ Beauty Kota Depok. ENSH diduga tewas karena mengalami pecah pembuluh darah. 

"Iya, Insya Allah besok," kata Kapolres Metro Depok Kombes Polisi Arya Perdana hari ini, Minggu (4/8/2024) saat ditanya rencana ekshumasi dan autopsi ENSH. 

Penyidik Polres Metro Depok dan dokter forensik sudah berada di Sumatera Utara untuk melaksanakan ekshumasi dan autopsi. Korban yang dikenal sebagai selebgram cantik dimakamkan di Kelurahan Alur Dua Baru, Kecamatan Sei Lepan, Langkat, Sumatera Utara. 

Kombes Arya Perdana menyatakan ekshumasi dan autopsi baru dilakukan karena polisi tak diberitahu saat korban meninggal pada 22 Juli 2024. Polisi juga tak diberitahu jenazah ENSH diterbangkan ke Sumatera Utara dari Depok. 

Kombes Arya Perdana menegaskan autopsi diperlukan oleh penyidik untuk mengumpulkan alat bukti yang cukup terkait penyidikan yang tengah dilakukan.

"Masih butuh alat bukti yang cukup termasuk hasil autopsi," jelas Arya Perdana.

Terkait penyidikan kasus ini, Polres Metro Depok telah memeriksa sejumlah saksi termasuk WN (pemilik salon WSJ Beuaty) dan A (dokter) yang bertanggung jawab melakukan sedot lemak pada ENSH.

WN dinilai bertanggung jawab karena memberikan layanan sedot lemak padahal klinik WSJ Beauty hanya mengantongi izin klinik pratama yang hanya diperkenankan memberikan layanan dasar, bukan layanan spesialisasi. WN juga dinilai bertanggung jawab mempekerjakan dokter yang tidak memiliki spesialisasi untuk melakukan operasi sedot lemak.

Sedangkan A, dinilai bertanggung jawab karena bukan dokter spesialis tetapi menjalankan praktik sedot lemak.

Rencana ekshumasi dan autopsi sempat ditentang paman ENSH, Efrizal Hasibuan 2 hari lalu 

"Kami dari pihak keluarga (korban) tidak ada mau melakukan autopsi. Kalau memang mau dilakukan autopsi, kenapa tidak dari awal saja," kata Efrizal seperti dikutip dari iNews Medan, Jumat (2/8/2024). 

Efrizal menyatakan meninggalnya ENSH sudah diterima keluarga dengan ikhlas dan tidak akan melakukan pembongkaran kuburan dan bedah mayat. 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network