Lawan Hoax dan Cyberbullying, SMPN 15 Depok Bekali Pelajar dengan Pengetahuan Bermedia Sosial

Rivalino
Ratusan pelajar SMPN 15 Depok antusias mengikuti pembekalan tentang bijak bermedia sosial yang disampaikan pemateri dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Depok. (Foto: iNews Depok/Humas SMPN 15)

DEPOK, iNews Depok. id - Semangat para peserta MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di SMPN 15 Depok semakin berkobar di hari kedua, Selasa (16/7/2024). Kali ini, ratusan pelajar antusias mengikuti pembekalan tentang bijak bermedia sosial yang disampaikan oleh dua jurnalis dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Depok, Joko Warihnyo dan Boy Rivalino.

Pembekalan ini bertujuan untuk membekali para pelajar dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat dalam menggunakan media sosial. Materi yang disampaikan meliputi:

Hoax: Para pelajar diajarkan cara mengenali dan menghindari berita bohong atau hoax yang marak beredar di media sosial.

Cyberbullying: Materi ini membahas tentang perundungan daring yang dapat terjadi di media sosial dan bagaimana cara mengatasinya.

Adab Bermedia Sosial: Para pelajar diingatkan tentang pentingnya menjaga etika dan norma dalam berkomunikasi di media sosial.

Joko Warihnyo, salah satu pemateri, menyampaikan bahwa media sosial memiliki banyak manfaat, tetapi juga dapat membawa dampak negatif jika tidak digunakan dengan bijak.

"Media sosial bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi, media sosial dapat menjadi alat untuk belajar, berkomunikasi, dan mengembangkan diri. Di sisi lain, media sosial juga dapat menjadi tempat penyebaran informasi yang salah dan perundungan daring," jelasnya.

Boy Rivalino, pemateri lainnya, menambahkan bahwa penting bagi para pelajar untuk menjadi pengguna media sosial yang cerdas dan bertanggung jawab.

"Kita harus bijak dalam menggunakan media sosial. Jangan mudah percaya dengan semua informasi yang kita lihat, dan jangan gunakan media sosial untuk menyakiti orang lain," tuturnya.

Para pelajar tampak antusias mengikuti pembekalan ini. Mereka aktif bertanya dan berdiskusi dengan para pemateri. Salah satu pelajar, Rikan, mengaku mendapat banyak ilmu baru dari pembekalan ini. 

"Saya senang sekali mengikuti pembekalan ini. Saya jadi lebih tahu tentang bahaya hoax dan cyberbullying. Saya juga belajar bagaimana cara menggunakan media sosial dengan baik," ujarnya.

Kepala Sekolah SMPN 15 Depok, Atiyatul Farida, menjelaskan bahwa pembekalan tentang bijak bermedia sosial ini merupakan salah satu program Dinas Pendidikan Kota Depok.

"Program ini bertujuan untuk membentuk karakter para pelajar agar menjadi generasi yang cerdas dan bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi," ungkapnya.

 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network