Hoaks dan Cyberbullying Musuh Bebuyutan! SMPN 26 Depok Siapkan Generasi Cerdas Media Sosial

Rivalino
Ratusan pelajar SMPN 26 Depok antusias ikuti materi literasi digital dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok. (Foto: iNews Depok/Rivalino)

DEPOK, iNews Depok. id - Semangat dan keceriaan mewarnai hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMPN 26 Depok. Ratusan siswa baru angkatan 2024-2025 melangkah dengan penuh antusias ke gerbang sekolah, siap menyambut petualangan baru di dunia pendidikan.

Tak hanya disambut para guru dan panitia MPLS yang energik, para siswa baru juga mendapat kejutan spesial: materi literasi digital dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok. Di era digital yang penuh tantangan ini, membekali generasi muda dengan pengetahuan untuk bermedia sosial dengan bijak dan bertanggung jawab menjadi kunci utama.

Joko Warihnyo, pemateri dari PWI Depok, dengan lugas menyampaikan bahaya hoaks dan cyberbullying yang marak di media sosial. Para siswa pun diajak untuk menjadi pengguna media sosial yang cerdas, kritis, dan tidak mudah termakan berita bohong.

"Di era digital ini, penting bagi para pelajar, khususnya SMP untuk memiliki literasi digital yang baik. MPLS menjadi momen tepat untuk memupuk kebiasaan positif dalam bermedia sosial," ujar Joko, usai memberikan materi di SMPN 26 Depok, Senin (15/7/2024).

Antusiasme para siswa mengikuti materi ini begitu terlihat. Mereka aktif bertanya, berdiskusi, dan menyerap ilmu yang diberikan. Salsa Bila, salah satu siswa baru, mengaku senang dengan materi ini. "Sekarang aku jadi lebih tahu bagaimana cara menggunakan media sosial dengan bijak dan tidak mudah terpengaruh hoaks," tuturnya.

MPLS SMPN 26 Depok tak hanya bertujuan untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru, tetapi juga menjadi wadah untuk menjalin pertemanan dan membangun rasa kebersamaan.

"Kami berharap MPLS ini dapat memberikan kesan positif dan menjadi awal yang baik bagi para siswa baru untuk menjalani masa SMP yang penuh warna," ungkap Iyang Bahtiar, Kepala Sekolah SMPN 26 Depok.

 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network