BSI Distribusikan Hampir 10.000 Hewan Kurban untuk Masyarakat Duafa di Seluruh Indonesia

Novi
Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kiri) menyerahkan secara simbolik hewan potong kepada duafa di Jakarta. (17/6)

JAKARTA, iNewsDepok.id - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) kembali menunjukkan komitmennya dalam membantu masyarakat duafa di momen Idul Adha 1445 Hijriah. BSI mendistribusikan 9.390 hewan potong yang sehat dan aman konsumsi ke berbagai wilayah di Indonesia.

Jumlah hewan kurban yang disalurkan tahun ini meningkat 32% dibandingkan tahun lalu, yaitu sebanyak 7.112 ekor. Daging kurban ini diperkirakan akan dibagikan menjadi 187.800 porsi dan dikemas dengan ramah lingkungan menggunakan besek bambu.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, mengatakan bahwa penyaluran hewan kurban ini merupakan wujud komitmen BSI sebagai sahabat finansial, sosial, dan spiritual untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kerjasama dengan LAZNAS dan Penggunaan Platform Digital

Tahun ini, BSI berkolaborasi dengan 19 Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) untuk memudahkan masyarakat dalam membeli hewan kurban. Pembelian hewan kurban dapat dilakukan melalui BSI Mobile dan Hasanah Card.

Tercatat, terdapat 185 sapi dan 628 kambing/domba yang dibeli melalui Hasanah Card, dan 12 sapi serta 966 kambing/domba dibeli melalui BSI Mobile. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin sadar untuk berkurban secara online, sehingga distribusi hewan kurban menjadi lebih merata ke seluruh pelosok Indonesia.

Distribusi Ramah Lingkungan dan Seleksi Hewan Kurban Ketat

BSI memastikan bahwa proses pemotongan dan penyaluran hewan kurban dilakukan dengan ramah lingkungan. Hewan potong yang dipilih adalah hewan sehat yang memenuhi persyaratan umur hewan kurban dari desa binaan BSI.

Limbah kotoran sapi dan kambing diolah menjadi kompos, dan daging kurban dikemas dengan minim sampah menggunakan daun.

Lebih lanjut, BSI juga melibatkan dokter hewan dari berbagai lembaga untuk melakukan seleksi ketat terhadap kesehatan hewan kurban, memberikan pembinaan dan pendampingan kepada peternak terkait proses pengembangbiakkan, pemberian pakan, dan pemeriksaan kesehatan hewan ternak.

Para penyembelih hewan kurban juga diajari cara memotong hewan yang benar sesuai ajaran Islam.

Distribusi ke Berbagai Wilayah

Hewan kurban BSI didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Aceh, Sumatera Utara, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, NTB, dan NTT.

Komitmen BSI terhadap ESG

Upaya BSI dalam melaksanakan program hewan kurban ramah lingkungan ini merupakan bagian dari komitmen BSI dalam menerapkan prinsip Environment, Social, dan Governance (ESG). BSI berkomitmen untuk terus melakukan aktivitas yang positif dan berkelanjutan demi mewujudkan Indonesia menuju Net Zero Emission (NZE). 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network