World Water Forum 2024 Berdampak Baik Bagi Parekraf dan UMKM, Diprediksi Capai Rp1,38 Triliun

Elsa P Lumbantoruan
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Presiden World Water Council Loic Fauchon (tengah) sebelum pembukaan World Water Forum ke-10 2024 di Nusa Dua, Bali. Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - World Water Forum 2024 yang dilaksanakan pada 18-25 Mei 2024 lalu membawa dampak baik bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) tanah air yang diprediksi mencapai Rp1,38 triliun. 

Dampak baik ini juga dirasakan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), selain merasakan peningkatan di sektor ekonomi, usaha produktif mereka juga semakin dikenal oleh wisatawan mancanegara.

Diketahui para delegasi juga merasa bangga dan berencana akan berkunjung Kembali ke Indonesia khususnya Bali.

Melansir dari @kemenparekraf.ri, ada beberapa hasil survei dampak penyelenggaraan World Water Forum 2024. Mulai dari lama tinggal para delegasi rata-rata sebanyak 8 hari, rata-rata pengeluaran per kunjungan para delegasi sebesar Rp38,8 juta atau setara USD 2,427, pengeluaran tertinggi masih seputar akomodasi, makan dan minum, serta penginapan, mayoritas delegasi berencana berkunjung kembali ke Bali (lebih dari 90 persen).

Selain itu, penjualan dan omzet pendapatan dari UMKM dan pelaku usaha kecil meningkat, aktivitas ekonomi meningkat sebesar 0,374 persen, perekonomian nasional diperkirakan naik sebesar Rp1,38 triliun, dan terdapat penyerapan tenaga kerja sebesar 10.479 orang.

"World Water Forum ini bukan hanya meningkatkan ekonomi, tapi juga mempromosikan kearifan dan budaya lokal pengelolaan air kita di kancah internasional" ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network