Petani Depok Apresiasi Upaya Dandim Ubah Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif

Rivalino
Pardong, petani Depok, mengungkapkan kekagumannya atas upaya Dandim Depok, Kolonel Inf Iman Widhiarto, dan jajarannya dalam mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif. (Foto: iNews Depok/Rivalino)

DEPOK, iNews Depok. id - Pardong, seorang petani di Depok, mengungkapkan kekagumannya atas upaya Dandim Depok, Kolonel Inf Iman Widhiarto, dan jajarannya dalam mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif. Hal ini disampaikan Pardong saat menghadiri kegiatan komunikasi sosial (komsos) di lahan urban farming Kodim Depok, di Sukmajaya, Kamis (6/6/2024).

"Saya pertama kali datang ke sini, melihat ini kaget saya. Ini Pak Dandim kayak tukang sulap. Tadinya lahan ini penuh bebatuan, semak belukar, gak keuruslah. Begitu saya datang kemari, ini keren banget," kata Pardong kepada iNews Depok.

Pardong mengapresiasi pengelolaan lahan yang rapi dan sistematis dengan bedengan yang dilapisi mulsa plastik, sistem irigasi, dan penggunaan alat berat untuk mengolah tanah.

"Saya yakin prospeknya sangat bagus. Ini keren banget. Jadi saya yakin, lahan yang akan dijadikan untuk budidaya tanaman hortikultura oleh Kodim Depok ini akan berhasil," ungkapnya.

Pardong berharap program ini dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur secara produktif. Ia pun menyatakan ketertarikannya untuk berkolaborasi dengan Kodim Depok dalam pengembangan lahan pertanian, khusus di Tapos.

"Mudah-mudahan menjadi contoh buat kita semua, menjadi motivasi buat kita semua bahwa lahan tidur itu kalau dimanfaatkan, Insya Allah akan ada hasilnya," tutur Pardong.

Pardong juga mengajak para petani untuk belajar dari contoh yang sudah ada dan mengelola lahan pertanian dengan serius dan baik.

"Lihatlah yang sudah bagus, contohlah yang sudah bagus. Jadikan motivasi, jadikan inspirasi untuk bisa para petani menggarap lahan pertanian dengan serius, dengan baik, bukan dengan asal-asalan," pesan Pardong.

Pardong yakin dengan pengelolaan yang tepat, lahan tidur dapat dioptimalkan untuk menghasilkan panen yang maksimal. Ia pun berharap program Kodim Depok ini nantinya dapat berkontribusi pada ketahanan pangan di wilayah Depok.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network