Total Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Tembus 11,6 Juta, OTA Ini Kembali Beri Diskon Besar-Besaran

Novi
Ki-ka: Gaery Undarsa (Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com), Maria Risa Puspitasari (SVP of Brand Marketing tiket.com), Cisyelya Bunyamin (SVP of Accomodation tiket.com), dan Andari Agustin (MC). Foto: Novi

JAKARTA, iNewsDepok.id - Mengutip Badan Pusat Statistik, total kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia telah menembus angka 11,6 juta untuk pertama kalinya sejak pasca pandemi di tahun 2023.

“Kebangkitan industri pariwisata akan semakin menguat di tahun 2024 ini. Kami melihat pertumbuhan sektor pariwisata yang positif sepanjang tahun 2023. Kuatnya pemulihan pariwisata juga terlihat dalam performa bisnis kami, yang terus mencatat peningkatan pemesanan pada seluruh produk. Hal ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus mendukung upaya pemerintah dalam mendorong perkembangan industri pariwisata nasional, dengan menghadirkan stimulus untuk membantu masyarakat mewujudkan perjalanannya dengan lebih mudah, nyaman, dan lebih murah,” ungkap Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com.

Diakui Gaery, tren transportasi saat ini pesawat terbang masih jadi favorit, kemudian kereta api. Dari sisi destinasi, lanjut Gaery, untuk internasional, Singapura masih nomor 1. “Walau untuk akomodasinya di sana sangat mahal, namun harga tiket ke Singapura masih lebih murah dibanding ke Bali,” ucap Gaery. “Favorit berikutnya, ada Bangkok, Vietnam, dan Tokyo Jepang. Sementara untuk domestik, Surabaya masih nomor 1, kemudian Bali, Medan, Makassar, dan Balik Papan,” ujarnya.

Sambut berbagai momen liburan sepanjang tahun 2024, sebagai OTA (Online Travel Agent) pertama di Indonesia, mereka kembali menghadirkan Online Tiket Week (OTW). Berlangsung mulai tanggal 26 Februari - 6 Maret 2024 dengan Harga Gledek yang nyamber lagi, masyarakat dapat menikmati diskon hingga 50% dan cashback hingga Rp1,1 juta setiap pukul 17:00 - 21:00 WIB untuk seluruh kebutuhan perjalanan, mulai dari transportasi, akomodasi, hingga atraksi wisata, baik domestik maupun internasional. Tak hanya itu, spesialnya program OTW tahun ini, lanjut Gaery, siapa saja yang bisa menemukan harga gledek, lalu di-screenshoot dan di share di sosmed dengan mention tiket.com akan berkesempatan dapat hadiah jalan-jalan. “Setiap hari setiap pukul 10.00 WIB pagi akan kita umumkan daily winner-nya,” kata Gaery.

OTW kali ini juga menawarkan moda transportasi yang semakin beragam, mulai dari darat, laut, dan udara, termasuk menyediakan layanan transportasi ferry yang akan memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan antar pulau sambil menikmati pemandangan laut Indonesia yang menakjubkan.

“OTW di awal tahun 2024 ini tidak hanya datang dengan berbagai pilihan transportasi, namun juga rute internasional yang semakin banyak, seperti Ho Chi Minh, Taipei, Melbourne, dan juga Phuket. Dengan kembalinya OTW juga bertambahnya destinasi favorit, sobat tiket kini bisa mewujudkan rencana liburan impian dengan leluasa dan menciptakan lebih banyak momen berkesan bersama orang terdekat," tambah Maria Risa Puspitasari, SVP of Brand Marketing tiket.com pada kesempatan konferensi pers di kantor mereka di kawasan Slipi, Jakarta Barat pada Senin, 26 Februari 2024.

Perempuan yang akrab disapa Icha ini mengungkapkan bahwa program OTW ini sudah di tahun ke-empat yang mereka gelar. “Tahun ini berbeda karena banyak program kita tambahkan ada benefit add on-nya. Poin bisa ditukar dengan gift voucher misal diskon hotel internasional sampai dengan 1 juta rupiah. Kuota juga ditambah. Apalagi dengan adanya Oh My Gledek, setiap harinya jika bisa menemukan harga gledek, SS dan share di medsos dengan mention kita, ada hadiah tiket pp Jakarta-Bali gratis setiap harinya,” tandas Icha. “Tak hanya itu, dari sisi fitur ada keleluasaan, jika ada perubahan jadwal atau belum pasti, beli saja dahulu karena bisa di-refund, bisa free cancelation juga untuk tiket hotel. Nah, jika secara keuangan belum ada budget, bisa menggunakan bliblitiket paylater. Jadi beli saja dulu tiket gledeknya dan bayar nanti,” seru Icha.

Mau tahu murahnya harga tiket di jam Gledek OTW? Tiket pesawat Jakarta-Bali mulai 375 ribu, Jakarta-Padang mulai 750 ribu. Tiket pesawat internasional Jakarta-Singapura mulai 250 ribu, Jakarta-Ho Chi Minh mulai 850 ribu, Jakarta-Tokyo mulai 1,8 juta. Untuk hotel bintang 5 di Bali mulai 499 ribu, Yogyakarta mulai 388 ribu, Kuala Lumpur mulai 361 ribu.

Tak berhenti sampai disitu, OTW juga memberikan lebih banyak pilihan akomodasi, seperti hotel, vila, dan apartemen untuk liburan yang semakin next level. Cisyelya Bunyamin, SVP of Accomodation tiket.com yang akrab disapa Ibu Cis, menyebutkan, “Akomodasi menjadi salah satu kebutuhan perjalanan yang tak kalah penting. Pada OTW kali ini dihadirkan pilihan akomodasi yang lebih banyak lagi, mulai dari hotel, villa, dan apartemen. Jumlah villa dan apartemen yang berpartisipasi di OTW kali ini telah meningkat sebanyak 22,05%, sementara pilihan hotel domestik juga meningkat sebesar 7,25% bila dibandingkan OTW tahun lalu. Hal ini kami dorong untuk menghadirkan ragam pilihan akomodasi terbaik, berlokasi strategis, dan juga ramah di kantong bagi perjalanan wisata sobat tiket.”

Diakui Ibu Cis, akomodasi masih menjadi salah satu lini produk yang mengalami pertumbuhan paling besar tahun lalu. “Hotel yang tidak jauh dari tempat tinggal (staycation) menjadi liburan tertinggi sejak pandemi. Dan setelah pandemi, ini tidak hilang. Juga Resort dan Guest House. Destinasi tertinggi Bandung apalagi sejak ada Whoosh, kemudian Bali. Untuk bisnis, Surabaya masih tertinggi terutama dari Jakarta. Untuk internasional, Kuala Lumpur, Singapura masih diminati, juga ada beberapa destinasi seperti di Johor Bahru, medical tourism, dan Bangkok untuk destinasi shopping,” tandasnya.

Lewat kehadiran OTW, mereka berharap dapat terus berperan aktif dalam meningkatkan angka transaksi di industri pariwisata dan mendukung upaya pemerintah dalam memperkuat pemulihan di tahun mendatang. 

Ya, daftar promo Online Tiket Week (OTW) hadirkan berbagai pilihan transportasi (pesawat, kereta api, ferry, sewa mobil, hingga jemputan bandara), akomodasi (hotel, villa, dan apartemen), hingga tiket To Do (tempat wisata dan atraksi, travel essentials, kegiatan rekreasi, hingga event) dengan diskon spesial sepanjang hari mulai dari tanggal 26 Februari 2024. Sepanjang periode tersebut, masyarakat juga dapat menikmati tambahan promo berupa Harga Gledek dengan diskon 50% dan cashback hingga Rp1,1 juta yang akan nyamber khusus di jam gledek pada pukul 17:00 - 21:00 WIB untuk semua lini produk, baik domestik maupun internasional.

 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network