Warga Kelurahan Bojongsari Tagih Pembangunan Puskesmas di Wilayah Mereka, Dua Tahun Usulan Digantung

Indra Siregar
Warga sedang menyampaikan usulan pembangunan Puskesmas dalam Musrenbang tahun 2025 di Kelurahan Bojongsari.

BOJONGSARI DEPOK, iNews Depok.id - Warga Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, merongrong Pemerintah Kota Depok, agar segera membangun fasilitas Puskesmas Mereka. 

Kehadiran Puskesamas di wilayah Kelurahan Bojongsari sudah sejak lama dirindukan warga di sana. 

Pasalnya, sampai saat ini di Kecamatan  Bojongsari baru ada dua Puskesmas yang berdiri, di Kelurahan Pondok Petir dan Kelurahan Duren Seribu. 

Padahal di wilayah Kecamatan lain, rata - rata memiliki lebih dari dua fasilitas Puskesmas. 

Tak mau menyerah, warga Kelurahan Bojongsari kembali mendorong pembangunan Puskesmas lewat usulan dan masukan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk anggaran tahun 2025.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Bojongsari, Saidih Dokih mengatakan, usuluan paling prioritas dalam Musrenbang tahun anggaran 2025 di Kelurahan Bojongsari, membahas soal pengadaan Puskesmas di wilayah mereka. 

"Pada intinya, kami mendorong pengadaan Puskesmas untuk Kelurahan Bojongsari," kata Dokih. 

Dia mengungkapkan, lahan untuk pengadaan Puskesmas tersebut sudah ada. Tetapi menurut Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok, lahan yang harus disediakan harus 1.500 meter.

"Di wilayah Kelurahan Bojongsari ada lahan sekitar 1.000 meter yang sudah disediakan, tak perlu beli lagi. Tapi ada lahan lagi yang akan dibebaskan seluas 500 meter," ungkapnya. 

Dia menyebut, usulan pengadaan Puskesmas di wilayah Kelurahan Bojongsari dilakukan, berdasarkan permintaan masyarakat.

"Jadi, kami ingin pelayanan fasilitas kesehatan masyarakat ini terletak di tempat yang sentral. Kalau Puskesmas terletak di wilayah Kelurahan Bojongsari. Warga dari berbagai wilayah di Kecamatan Bojongsari bisa datang berobat, karena lebih dekat dibandingkan harus ke Pondok Petir atau Duren Seribu," tuturnya. 

Dia mengaku, usulan untuk pengadaan Puskesmas di wilayah Kelurahan Bojongsari, sudah diajukan ke Bappeda dua tahun lalu. Namun, apa yang diajukan tersebut belum terealisasi hingga saat ini.

"Makanya, dalam Musrenbang ini saya bicara langsung ke Bappeda, supaya pengadaan Puskesmas ini diharapkan dapat terealisasi pada tahun 2025," jelasnya.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network