DPRD Kota Depok Siapkan Program Kerja Tahun 2023

Mada Mahfud
Gedung Paripurna DPRD Kota Depok. (Foto: iNews Depok/Rivalino)

DEPOK, iNews Depok. id - Empat Komisi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok memaparkan program kerja tahun 2023 pada rapat paripurna yang digelar hari ini. Pada pelaksanaannya, seluruh komisi akan menjalin sinergisitas dengan Perangkat Daerah (PD) terkait di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Sekretaris Komisi A DPRD Kota Depok, Abdul Hamid menyebutkan, Komisi A memiliki rencana kerja tahun 2023 dengan beberapa program skala prioritas. Yaitu, bidang hukum perundang-undangan dan Hak Asasi Manusia (HAM), bidang kependudukan, bidang perizinan, kewilayahan, dan keamanan serta ketertiban masyarakat.

"Dengan beberapa rencana ke depan, harapannya dapat memberikan arah yang jelas bagi pelaksanaan program pemerintahan dan pelayanan publik di Kota Depok," jelasnya saat Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang Pertama Tahun Sidang 2023 di Gedung DPRD Kota Depok, Senin (02/01/2023).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi B, Lahmudin Abdullah menyampaikan, rencana kerja Komisi B pada masa sidang pertama ini berdasarkan visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok tahun 2021-2026. Adapun isu strategi yang akan dilakukan yaitu meningkatkan daya saing Usaha Mikro dan Kecil (UMK) serta akses pasar dan menggerakkan perekonomian daerah berbasis pemanfaatan potensi lokal.

"Juga penguatan ketersediaan pangan dengan peningkatan produksi pangan beragam melalui urban farming dan menciptakan iklim investasi yang terbuka dan efisien," ungkapnya.

Selanjutnya, Wakil Ketua Komisi C, Edi Masturo menyampaikan, dalam menjalankan segala aktivitas dan agenda kerja Komisi C untuk masa sidang pertama, dirumuskan berdasarkan beberapa program. Yaitu sesuai isu strategis kedua, isu strategis ketiga, program-program prioritas pembangunan, serta program janji-janji kampanye Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok.

“Kami akan meningkatkan langkah-langkah pengawasan, baik melalui kunjungan lapangan, rapat dengar pendapat dengan masyarakat dan atau perangkat daerah, maupun meningkatkan koordinasi dalam bentuk rapat kerja dengan perangkat daerah leading sektor,” ungkapnya.

Berikutnya, Ketua Komisi D, Supriatni menjelaskan, Komisi D akan fokus pada bidang kesejahteraan rakyat, bidang kesehatan, serta bidang pemuda olahraga kebudayaan dan pariwisata.

"Terkait hal tersebut, Komisi D akan melakukan rapat kerja awal dengan perangkat daerah terkait, kemudian melakukan optimalisasi penyusunan pokok pikiran dan melakukan rapat kerja akhir," pungkasnya.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network