Malam Ini Puncak Hujan Meteor Geminid, Begini Cara Melihatnya

Laurensius Teddy Saputro
Hujan Meteor Geminid bisa dilihat di Indonesia. Foto: Illustrasi Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Hujan meteor Geminid dimulai dari tanggal 4 Desember hingga 14 Desember, dengan puncaknya yang akan terjadi malam ini. Selama seluruh periode tersebut, Anda mungkin dapat melihat meteor Geminid setiap kali “titik pancaran” hujan tersebut berada di atas cakrawala.

Sebagaimana dilansir dari akun media sosial Planetarium Jakarta pada Rabu (14/12/2023), hujan meteor Geminid bisa dilihat mulai pukul 20.05 malam sampai 05.07 ketika Matahari terbit. Secara umum, Geminid akan muncul di atas ufuk timur-timur laut tepat pada saat senja akan berakhir. 

Itu artinya hujan meteor fase awal mungkin bisa dilihat lebih dini, setelah langit mulai gelap. Hujan meteor Geminid dapat dilihat dengan mata telanjang. 

Hanya saja perlu langit yang cerah tanpa awan mendung dan bebas dari polusi cahaya sehingga hujan meteor bisa disaksikan dengan jelas. Setelah sampai di lokasi, biarkan mata Anda menyesuaikan diri dengan kegelapan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Anda dapat menggunakan aplikasi peta langit interaktif di ponsel Anda untuk melihat konstelasi Gemini, tempat asal hujan meteor.

Melansir dari Space, hujan meteor Geminid sendiri merupakan fenomena tahunan yang intensitasnya melebihi hujan Perseid yang terkenal di bulan Agustus.

Perlu diketahui, Hujan meteor Geminid dan hujan meteor Quadrantids merupakan satu-satunya hujan besar yang tidak disebabkan oleh komet.

Studi terhadap tampilan di masa lalu menunjukkan bahwa hujan ini memiliki reputasi kaya akan meteor dan bola api yang meluncur lambat, terang, anggun, dengan kecerahan sedang.

Geminid rata-rata melintas dengan kecepatan 22 mil (35 km) per detik. Banyak yang tampak berwarna kekuningan, beberapa bahkan terlihat membentuk jalur yang bergerigi atau terbagi.

Geminid mendapatkan namanya dari konstelasi Gemini, si Kembar. Pada malam hujan maksimum ini, meteor akan tampak berasal dari suatu titik di langit dekat bintang terang Castor di Gemini.

Geminid selalu muncul setiap tahun tetapi kali ini cukup spesial karena bulan akan berada pada fase baru pada 12 Desember ini. Artinya, langit akan gelap dan hujan meteor akan tampak semakin terlihat.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network