Sekda Depok Ingatkan Pentingnya Peranan Kader Posyandu Dalam Pencegahan Gagal Ginjal

R Ratna Purnama
Sekda saat sosialisasi gagal ginjal di Aula BJB Depok. Foto: ist

DEPOK,iNewsDepok.id- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri mengatakan, peran kader Posyandu dapat membantu dalam upaya preventif pencegahan penyakit gagal ginjal kronis. Keberadaan kader dapat memberikan informasi secara langsung kepada masyarakat untuk dapat menerapkan hidup sehat sebagai upaya pencegahannya.

“Kita harus lakukan dari hulu, peran kader ini sangat penting karena mereka berhadapan langsung dengan masyarakat,” katanya dalam kegiatan sosialisasi pencegahan gagal ginjal kronis di Depok, Senin (4/12/2023).

Bang SS, sapaan akrabnya menambahkan, upaya preventif yang dapat dilakukan yakni dengan sosialisasi dan edukasi. Untuk selanjutnya dapat ditindaklanjuti ke masyarakat, sehingga kekhawatiran terhadap penyakit gagal ginjal kronis dapat diminimalisir.

“Upaya seperti ini harus dijalankan sejak awal, jangan sampai kalau sudah sakit baru dilakukan. Karena untuk penyakit ini hanya bisa dilakukan dengan cuci darah atau transplantasi ginjal,” ujarnya.

Ketua Umum JGI, Everino P Therick mengungkapkan, pihaknya ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap pencegahan gagal ginjal kronis, salah satunya kepada kader Posyandu. Kemudian juga kepada pasien dan keluarganya untuk diberikan pendampingan dalam menjalani proses cuci darah.

“Upaya pencegahan dan pendampingan terus kami lakukan. Juga dengan pemberian motivasi kepada pasien dan pendamping, serta mengadvokasi supaya bisa menjalani hemodialisa dengan baik,” katanya.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network