JAKARTA, iNewsDepok.id - Produk lokal Indonesia kini semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat untuk dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan.
Meningkatnya minat ini tak terlepas berkat inovasi kreatif dari para brand lokal dan UMKM yang mampu menciptakan beragam produk lokal berkualitas dengan mengangkat potensi budaya dan bahan baku lokal yang dipadukan dengan tren masa kini.
"Dengan mutu kualitas yang semakin tinggi, produk lokal telah menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam berbagai kebutuhan sehari-hari. Sebagai mitra setia bagi UMKM, Shopee berkomitmen senantiasa mendampingi perjalanan perkembangan bisnis para pelaku usaha melalui ekosistem terintegrasi yang inovatif dan inklusif. Kami bertekad untuk selalu menciptakan ruang bagi para pelaku usaha lokal agar semakin inovatif dan berdaya demi menghadirkan berbagai solusi terbaik untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Salah satunya melalui kampanye 12.12 Birthday Sale tahun ini, kami ingin menyajikan lebih banyak produk lokal berkualitas yang dapat dimiliki para pengguna serta penawaran terbaik yang menguntungkan,” ungkap Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia.
Melihat besarnya minat dan apresiasi masyarakat terhadap produk lokal, di momen spesial kampanye 12.12 Birthday Sale kali ini Shopee membagikan 10 Produk Lokal Favorit Pilihan Sobat Shopee Sepanjang Tahun 2023 mulai dari kategori fesyen, aksesoris, kecantikan, hingga makanan dan jajanan Nusantara:
1. Produk Fesyen
Setidaknya ada tiga produk fesyen lokal yang paling banyak dicari. Mulai dari Celana Kulot, Rok Batik Lilit, hingga Hijab Pashmina lokal.
2. Produk Aksesoris
Terdapat dua produk aksesoris lokal yang berhasil menarik perhatian. Pertama adalah Dompet. Dalam saku-saku fungsional dibalut desain stylish, dompet dapat memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin mencari kepraktisan dalam menjalani rutinitas. Produk lokal berikutnya adalah, Sepatu Sneakers karya brand lokal. Lahirnya beragam desain yang inovatif, ditambah dengan bahan berkualitas tinggi, berhasil membuat sepatu sneakers karya brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat dalam beraktivitas.
3. Makanan dan Jajanan Tradisional
Tahun ini, Basreng dan Sambal menjadi bintangnya. Basreng (Bakso Goreng), menu kuliner yang sangat familiar di Indonesia hingga dunia. Dibalut selera kekinian, Basreng menjadi pilihan favorit baru para pecinta kuliner lokal. Selain itu, beragam varian sambal dengan rasa autentik dari berbagai penjuru Nusantara, turut menjadi pilihan favorit penikmat kuliner di tahun ini.
4. Produk Kecantikan dan Perawatan Diri
Produk kecantikan dan perawatan diri lokal tak ketinggalan menjadi favorit pengguna Shopee di tahun ini. Dengan kandungan bahan baku alami, melahirkan produk perawatan dan kecantikan dengan kandungan vitamin yang sesuai dengan karakteristik kulit masyarakat Indonesia. Seperti Sunscreen yang menjadi salah satu produk lokal favorit tahun ini, mampu memberikan perlindungan optimal dari sinar matahari di cuaca tropis untuk menjaga kulit dari efek buruk paparan matahari. Kemudian, ada Toner sebagai produk lokal favorit berikutnya yang mampu menjaga kelembapan dan menyegarkan kulit wajah selama seharian. Sementara itu, Lipstik pun turut menjadi pilihan favorit masyarakat berkat keramahan bahan bakunya serta warna-warni lipstik yang begitu variatif.
Dalam mendorong roda perekonomian UMKM di Indonesia, selama beberapa tahun terakhir Shopee telah menciptakan kanal khusus, bernama Shopee Pilih Lokal yang didedikasikan menjadi wadah bagi produk-produk lokal terkurasi untuk meningkatkan jangkauan bisnisnya.
Melalui fitur Shopee Pilih Lokal, Shopee berinisiatif untuk memberikan kemudahan dan ruang yang lebih luas bagi pelaku usaha lokal dalam berkarya dan berinovasi.
Tak hanya sampai di situ, Shopee juga memperluas kesempatan bagi UMKM untuk semakin berkembang hingga kancah dunia melalui Program Ekspor Shopee.
Melalui Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor, para brand lokal dan UMKM dibimbing untuk memahami tren pasar internasional dan menyelaraskan mutu produk dengan preferensi global.
"Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan lebih banyak inisiatif dan solusi digital terdepan untuk menjadikan UMKM sebagai pilar utama ekonomi Indonesia dengan menghubungkan ragam produk terbaik hasil karya UMKM dengan kebutuhan masyarakat. Semoga kampanye 12.12 Birthday Sale kali ini dapat membantu para brand lokal dan UMKM di tanah air dalam mengembangkan kapasitas bisnisnya, sekaligus menciptakan lebih banyak produk lokal berkualitas yang dicintai,” tutup Monica Vionna.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait