Sudah 166 Hari! NTT Menjadi Provinsi Hari Tanpa Hujan Terlama di Indonesia

Ridha Sofianti
NTT berada di urutan pertama sebagai provinsi hari tanpa hujan terlama di Indonesia, dengan 166 hari di Sumba Timur dan Rote Ndao. Foto : databoks

DEPOK, iNewsDepok.id - Beberapa kota mulai dilanda hujan deras, menandakan kemarau panjang di Indonesia sepertinya sudah hampir berakhir.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pada awal Oktober 2023 ada 870 lokasi di Indonesia yang mengalami periode hari tanpa hujan (HTH) ekstrem.

Dilansir dari berbagai sumber, hari tanpa hujan paling panjang tercatat di Sumba Timur dan Rote Ndao. Sampai 10 Oktober 2023, dua kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) itu sudah tak mengalami hujan selama 166 hari atau sekitar 5,5 bulan. 

Berikutnya ada Kota Bima, NTT, yang belum diguyur hujan selama 164 hari. Diikuti Lombok Utara dan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang masing-masingnya belum dilanda hujan selama 163 dan 132 hari.

Setelah itu Jawa Tengah menyusul, Boyolali, Klaten, Semarang, Sragen, dan Sukoharjo, yang semuanya masing-masing 141 hari. 

Adapun menurut peta Monitoring Kekeringan Meteorologis BMKG, kondisi hari tanpa hujan ekstrem terlihat di hampir seluruh wilayah Pulau Jawa.

BMKG mencatat ada 85 daerah yang tersebar di 19 provinsi yang sudah tidak mengalami hujan selama lebih dari 2 bulan.

"Waspada dampak kurang hujan! Baru 11 persen dari jumlah Zona Musim Indonesia memasuki musim hujan," tulis BMKG di akun instagramnya.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network