Usai Study Tour ke Yogya, Siswa SMPN 3 Depok Gelar Karya Seni dan Budaya

Rivalino/Mada Mahfud
Gelar Karya Seni dan Budaya SMPN 3 Depok di Pendopo SMPN 3 Depok, hari ini, Rabu 11 Oktober 2023. Foto: iNews Depok/Rivalino

DEPOK, iNewsDepok.id – Usai menggelar study tour ke Yogyakarta, siswa SMPN 3 Depok menggelar acara Karya Seni dan Budaya, hari ini Rabu (11/10/2023). Mereka menampilkan aneka budaya daerah lain mulai dari tari, kuliner, pakaian dan cerita rakyat.

Acara Karya Seni dan Budaya berlangsung di Pendopo SMPN 3 Depok. Siswa dalam kelompok, bergantian menampilkan budaya daerah lain. Mereka mengenakan pakaian budaya, menari, bercerita dan menampilkan makanan daerah.

Sebelumnya pada 5-8 Oktober 2023, siswa SMPN 3 Depok melakukan study tour ke Yogyakarta. Mereka mengunjungi Kraton Yogyakarta, mengunjungi Sekolah Menengah Seni Rupa untuk belajar lukis, membatik dan seni kriya. 

Siswa SMPN 3 Depok juga menyaksikan kemegahan Candri Prambanan yang dibangun pada 850 Masehi. Di Candi Prambanan, mereka menikmati Sendratari Ramayana, salah satu pagelaran budaya yang legendaris.

”Setelah dari Yogya, kualitas anak-anak dalam menampilkan karya seni dan budaya akan membaik dan lebih total,” kata Ety Kuswandarini, Kepala SMPN 3 Depok.

"Jadi, hasil yang didapat dari study ke Yogya kemarin, itu diimplementasikan pada kegiatan hari ini. Artinya, sangat banyak manfaat yang didapat dari kegiatan dari study wisata yang dilakukan kemarin," tambah Ety. 

Acara Karya Seni dan Budaya di SMPN 3 Depok menampilkan 11 kesenian dari 11 provinsi. Pada hari ini ditampilkan 4 kesenian dari Palembang, Papua, Jawa Timur, dan Bali. 

Raka Raudatul Faizin, guru SMPN 3 Depok menyatakan besarnya manfaat dari kunjungan siswa ke Yogyakarta. 

”Anak-anak melihat secara langsung tingginya kualitas seni budaya di Yogya. Selama ini mereka hanya melihat dari buku pelajaran atau dari video saja. Usai dari Yogya mereka menjadi lebih bangga saat tampil dalam pertunjukkan karya seni dan budaya hari ini,” kata Raka.

Vivi, orang tua Penanggung Jawab (PJ) Kelas, menyatakan hal yang sama. Anak-anak mereka diharapkan semakin mencintai seni dan budaya seteleh berkunjung ke Yogyakarta.

”Yogyakarta begitu indah, kita harapkan anak-anak membawa pengalaman ini ke dalam kehidupan mendatang untuk menjadi lebih baik lagi. Tentunya untuk membangun Depok menjadi lebih baik,” kata Vivi.

Sementara itu Diaz F, siswa ke 8 SMPN 3 Depok mengaku takjub dengan seni budaya setelah berkunjung ke Yogyakarta. 

”Saya jadi senang dan bangga sebagai anak Indonesia. Ingin belajar seni budaya,” kata Diaz F.
 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network