Local Pride! Bidik Gen-Z, FOD Tampil Fun, Energik, Eksentrik di TBF CollaborAction di Fashion Nation
JAKARTA, iNewsDepok.id - Genderless, Timeless, Ageless. Menggambarkan bahwa denim merupakan produk fashion yang tak ada matinya.
Apalagi saat ini dimana tingkat mobilitas tinggi, pengaruh iklim, dan gaya hidup casual swag yang makin dicari, membuat denim menjadi sebuah lifestyle product yang makin diminati.
Inilah yang membuat FOD #Focus on Denim #Fits Our DNA hadir untuk mengakomodir kebutuhan dan keinginan banyak orang.
Menampilkan 15 model dengan 30 total looks dan mengambil tema koleksi ”Sidewalk Swagger", FOD tampil fun, energik, dan eksentrik dalam gelaran Fashion Nation bersama TBF CollaborAction pada Selasa, 26 September 2023 di Main Atrium, Senayan City, Jakarta.
“Pengalaman kami di dunia fashion denim memotivasi kami untuk terus mengembangkan fashion siap pakai, yang pada akhirnya tidak terlepas dari denim dan segala atribut casualnya,” jelas Rene Martine, selaku President Director FOD.
FOD mantap menyatakan misinya untuk mengakomodir pasar domestik nasional lebih luas terutama dunia fashion generasi muda yang selama ini terdominasi dengan produk luar negeri.
Salah satu caranya adalah dengan pengembangan teknologi pemasaran digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas disertai dengan kehadiran FOD Experience Store di berbagai daerah seluruh Indonesia.
Dengan demikian, diharapkan FOD akan terus berinovasi untuk fokus pada kreatif desain yang selalu bersaing dan menghasilkan produk dalam negeri yang lebih baik, sekaligus mendukung #flexinglocal sehingga menjadi kebanggaan #localpride setiap generasi, terutama generasi muda.
Koleksi Sidewalk Swagger
Meski menitikberatkan target konsumen pada generasi muda, koleksi perdana “Sidewalk Swagger” yang ditawarkan FOD juga menawarkan sederet busana ready to wear yang bisa dikenakan oleh seluruh kalangan.
Sederet koleksi tersebut tampil catchy dan sesuai dengan napas streetwear FOD: personal, inclusive, membangkitkan rasa percaya diri, dan mengoptimalkan urban look design.
Berbagai typography design yang menarik, goresan warna eksentrik hingga penempatan grafis yang bervariasi, tampak jelas di puluhan looks yang hadir pada koleksi perdana ini.
Pecinta dunia mode akan ditawarkan lebih dari 20 jenis celana denim dan twill garment dyed cargo dengan beragam shape, serta varian tops seperti T-Shirt, shirt, outerwear, dan denim jacket.
Dihadiri para influencer dan berbagai komunitas. Foto: Novi
Tak ketinggalan berbagai aksesori seperti tote bag dan base ball cap. Dimulai dari Urban Swag Streetstyle untuk Gen-Z, yang lebih personal dan ekspresif.
Koleksi ini merupakan casual wear menekankan pada athleisure trend. Cocok untuk pecinta mode yang actively chic.
Selain itu, FOD juga menawarkan pilihan basic reguler casual style yang telah berevolusi sesuai perkembangan zaman: Y2K Fashion.
Sederet basic wear yang identik dengan basic cut dan authentic original jeans look khas tahun 1990–2000 ditujukan untuk pecinta timeless fashion items, terutama untuk generasi X dan milenial.
“Seluruh fashion items FOD menggunakan bahan, pola, dan teknik desain yang mengutamakan kenyamanan dengan penggunaan fitting yang sempurna disertai total look yang fashionable. Hal ini untuk mewujudkan keinginan FOD yang hadir sebagai produk lokal untuk pasar yang lebih luas,” ujar Albert Tjandra selaku Managing Director FOD.
"Secara garis besar, ada dua jenis collection fashion yang ditampilkan yaitu reguler dan capsul collection dimana misalnya adalah memiliki cuttingan yang unik," tambah Melinda Babyanna selaku Founder & CEO at TBF Consultant.
"Dari TBF sendiri, launching brand baru ini, kami mencoba membantu mengakomodir untuk fokus ke gaya yang lebih muda seperti Gen-Z dan milenial dengan harga yang lebih terjangkau. Gen-Z ini memang target market yang cukup besar, hanya saja tantangannya adalah di daya beli mereka yang tidak sekuat milenial. Tapi kelebihan Gen-Z adalah mereka kuat di influencing atau pengaruhnya," urai Melinda.
Ramah Lingkungan
Sebagai bentuk kepedulian FOD terhadap ethical issue dunia fashion, FOD pun memastikan bahwa setiap bahan yang digunakan, akan mengoptimalkan penggunaan serat bahan 100% cotton.
FOD pun berkomitment untuk mengurangi penggunaan serat buatan yang tidak bisa terurai yang pada akhirnya bisa memicu kehadiran sampah fashion.
Ki-ka: Melinda Babyanna (Founder & CEO at TBF Consultant), Rene Martine (President Director FOD), dan Albert Tjandra (Managing Director FOD). Foto: Novi
“Penggunaan bahan, kenyamanan kualitas, dan fitting produk adalah prioritas utama kami dibanding mementingkan keuntungan komersial semata,” tutup Albert dalam sesi wawancaranya di TBF CollaborAction.
Koleksi FOD ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 699.000 untuk set celana. Sedangkan untuk tops dapat diperoleh dengan harga di bawah Rp 200.000.
Seluruh koleksi tersebut dapat diperoleh di www.fod.co.id, market place nasional seperti Zalora, Shopee, dan Tokopedia serta Inovation Signature Showroom sebagai toko fisik yang menawarkan sensasi belanja berbeda.
Dijadwalkan, Inovation Signature Showroom tersebut akan segera hadir di berbagai kota besar seperti Jakarta, Tangerang, Lombok, Makassar serta Yogyakarta. Dan akan menyusul lebih banyak lagi di tahun 2024.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait