Bruder Angelo Divonis 14 Tahun Penjara, Kasus Pencabulan Anak di Panti Asuhan Depok

M Mahfud
Bruder Angelo divonis 14 tahun penjara dan denda Rp100 juta atau subsider tiga bulan penjara oleh PN Depok Kamis (20/01/2022).

DEPOK, iNews.id - Bruder Angelo alias Lucas Lucky Ngalngola divonis 14 tahun penjara terkait kasus pencabulan anak di Panti Asuhan Depok. Vonis dijatuhkan Pengadilan Negeri Depok. Vonis ini sama dengan tuntutan jaksa penuntut umum.

Bruder adalah sebutan bagi seorang Katolik awam yang tidak ditahbiskan menjadi seorang rohaniwan. Seorang bruder biasanya tinggal dalam suatu komunitas dan bekerja dalam pelayanan.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 14 tahun dan denda sejumlah Rp100 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti pidana kurungan selama 3 bulan," kata Ketua Majelis Hakim Ahmad Fadil saat membacakan amar putusan di PN Depok, Kamis (20/01/2022).

BACA JUGA: 

Naudzubillah! Bocah 6 Tahun Disuruh Oral Seks, Warga Pancoran Mas Depok Resah

Melalui serangkaian persidangan, Bruder Angelo terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana ancaman kekerasan dan memaksa anak untuk melakukan perbuatan cabul secara berlanjut.

Dakwaan pun terbukti. Bruder Angelo didakwa melanggar pasal 82 ayat (2) Undang-undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP

Seperti dibacakan Ketua Mejalis Hakim, perbuatan terdakwa merupakan penyakit masyarakat dan perbuatan tercela. Perbuatan tersebut terdakwa dapat merusak mental dan tumbuh kembang anak.

BACA JUGA:

Saat Kasus Pemerkosaan Berakhir Manis ke Pelaminan

Dalam posisi terdakwa sebagai seorang rohaniawan, ia semestinya memberikan contoh baik. Sebagai rohaniawan ia semestinya tahu bahwa perbuatan yang dilakukannya bertentangan dengan norma-norma agama. 

Hal yang memberatkan lainnya, terdakwa tidak mengakui perbuatannya.

Sementara hal yang meringankan adalah terdakwa berlaku sopan di persidangan.

Menanggapi vonis Majelis Hakim, Bruder Angelo langsung menyatakan banding. 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network