Super Mario Bros 2, Sekuel yang ingin tampil beda dari versi aslinya

Agan Aldi
Poster game Super Mario Bros 2 yang dirilis Nintendo. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Super Mario Bros adalah sebuah permainan video game klasik yang dirilis oleh Nintendo pada tahun 1985 untuk konsol rumahan berjudul Nintendo Entertainment System (NES) oleh Shigeru Miyamoto.

Sejarah terciptanya Super Mario Bros dimulai dari kesuksesan permainan video game sebelumnya berjudul Mario Bros yang dirilispada tahun 1983.

Ketika menciptakan game ini, Miyamoto ingin menghadirkan sebuah permainan platform yang menarik dan menyenangkan dengan karakter yang dapat bergerak dengan lebih dinamis.

Dia menciptakan sebuah karakter bernama Mario, seorang tukang ledeng dari Italia, dan karakter saudaranya, bernama Luigi. Ide ini diilhami dari rencana Nintendo untuk menciptakan sebuah permainan video yang menampilkan tokoh manusia dengan ukuran yang lebih besar dan menonjolkan tampilan pixel yang lebih jelas.

Super Mario Bros seketika menjadi terkenal untuk sebuah game bergenre  petualangan dua dimensi dan dianggap sebagai salah satu video game terbaik sepanjang masa.

Ia juga menjadi tonggak keberhasilan bagi Nintendo dalam membantu mengangkat industri video game ke tingkat yang lebih tinggi. Atas kesuksesannya Nintendo akhirnya mencoba peruntungan dengan merilis seri keduanya yang melanjutkan petulangan Mario namun di dunia yang berbeda.

Pada tahun 1988 Nintendo merilis game Super Mario Bros 2. Pada awalnya, game ini adalah sebuah permainan yang sangat mirip dengan versi pertamanya. Namun, saat Nintendo ingin merilisnya ke luar Jepang, mereka merasa bahwa permainan tersebut terlalu sama, sehingga mereka memodifikasi permainan Jepang berjudul “Doki Doki Panic” dan menggantikan karakternya dengan karakter dari seri Mario.

Itulah mengapa beberapa elemen dalam permainan terasa berbeda. Jika pada versi pertamanya kita diajak berpetualang dengan Mario dalam usahanya dalam menyelamatkan Peach dari kurungan Bowser, pada seri terbarunya ini kita disajikan dengan 4 karakter.  Mario, Luigi, Peach dan Toad dapat dipilih langsung sebelum dimulainya permainan untuk menjelajahi dunia Alternatif dan menyelamatkannya dari monster mirip katak, bernama Wart.

 
Sebagai sebuah game baru pada masanya, Super Mario Bros 2 tetap memiliki beberapa kekurangan, seperti saat beberapa player yang merasa kesulitan saat memainkan gamenya, dan tidak adanya konektifitas secara langsung dengan cerita utama sehingga storynya terasa terputus dari narasi Mario yang utama.
 
Beberapa Karakter dengan keterampilan berbeda juga membuat game ini terasa asing bagi pemain lama, meskipun dapat menjadi kelebihan bagi beberapa orang.  Keberadaan karakter dengan keterampilan unik dalam permainan ini membuat pengalaman bermain terasa kurang konsisten dan bisa membingungkan.
 
Namun dibalik kekurangannya  tersebut, Super Mario Bros 2 tetap memiliki beberapa keunggulan, antara lain memperkenalkan mekanisme gameplay yang berbeda yang memungkinkan player dapat memilih di antara empat karakter yang berbeda, Game ini juga menampilkan beragam dunia dengan lanskip imajinatif, yang menjadikan petualangan tambah menarik.
 
Super Mario Bros 2 juga memberikan tantangan yang lebih signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya bagi pemain yang ingin mencari tantangan lebih dalam bermain.

Pada Akhirnya Super Mario Bros 2 tetap menjadi salah satu game yang ikonik dan memberikan banyak kenangan bagi para pemain di era konsol Nintendo. Tercatat hingga hari ini gamenya telah terjual sebanyak 2,65 juta kopi sepanjang sejarah sejak awal kemunculannya.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network