6 Ciri-Ciri Anak Terpapar Narkoba, Ini Panduan Direktur Indonesia Narcotic Watch

Mada Mahfud
Direktur INW Budi Tanjung saat memaparkan 6 ciri-ciri anak terpapar narkoba. Foto: S Regar/iNewsDepok

JAKARTA, iNewsDepok.id – Ancaman penyalahgunaan narkoba semakin menggila. Untuk menekan angka narkoba peran orang tua sangat diperlukan.

Lalu bagaimana cara orang tua melihat anaknya terpapar atau tidak dengan narkoba? Direktur Indonesia Narcotic Watch (INW) Budi Tanjung memberikan tips yang mudah dipraktikkan.

6 Ciri-Ciri Anak Terpapar Narkoba

Direktur INW memberikan tips cara melihat anak terpapar narkoba saat menjadi pemateri dalam acara dialog interaktif di Ruang Serba Guna Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Rabu (31/5/2023).

Dialog interaktif tersebut mengungusung tema: meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba menuju Jakarta Selatan bersih narkoba (Jaksel Bersinar).

Dialog diinisiasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaksel dan Kesbangpol Jaksel itu menghadirkan sejumlah narasumber dari BNN, Bareskrim Polri, Ditnarkoba Polda Metro Jaya, dan Kesbangpol Jakarta Selatan. Sementa peserta dialog dari berbagai kalangan dan perwakilan organisasi masyarakat (ormas).

Dalam kesempatan itu Direktur INW Budi Tanjung lebih banyak memberikan panduan praktis bagaimana caranya orang tua mendeteksi kemungkinan anaknya terpapar Narkoba

1. Kejujuran Anak Mulai Pudar

Budi Tanjung memaparkan, salah satu ciri yang menonjol pada diri anak yang terpapar narkoba adalah sifat kejujurannya yang mulai pudar. Anak mulai suka berbohong pada orangtuanya, bahkan terkait urusan-urusan kecil.

“Sifat ini perlu diperhatikan,” katanya.

2. Keceriaan Anak Mulai Hilang

Budi Tanjung menjelaskan orang tua perlu mewaspadai jika sifat keceriaan anak mulai hilang. Biasanya anak yang terpapar narkoba berubah dari anak yang menjadi anak yang suka melamun dan murung.

Anak mulai sering membantah perintah orangtua. Bahkan, pengaruh narkoba dapat membuat anak suka mencuri uang atau barang-barang berharga yang ada di rumah.

3. Anak Menjadi Mudah Tersinggung

Panduan berikutnya dari Budi Tanjung adalah anak juga cenderung berubah menjadi pribadi yang emosional, sensitif, dan cepat ersinggung.

Kesalahan kecil dari orang lain dianggap sebagai masalah besar yang mengganggu kepentingannya.

4. Mata Merah

Selain sifat dan perilakunya, Budi Tanjung memaparkan ada beberapa ciri fisik lainnya yang dapat dilihat pada anak yang terpapar narkoba.

Ia mencontohkan, mata merah. Walaupun tidak semua mata merah berarti seseorang pengguna narkoba, tetapi hal ini menjadi ciri fisik yang paling sering terjadi untuk semua jenis pemakaian narkoba.

5. Keringat dan bau badan yang khas dan menyengat

Ciri fisik lainnya, biasanya pemakai narkoba berkeringat dan memiliki bau badan yang khas atau menyengat.

“Mereka yang memakai putaw biasanya jarang mandi serta baju yang digunakan hanya itu-itu saja. Rambutnya pun lebih terlihat berminyak dan mudah rontok,” ujarnya.

6. Fisik anak mudah lelah

Fisik anak yang mengonsumsi narkoba juga makin lemah. Sebab, pernapasannya akan lambat, sehingga anak mudah lelah karena mengambil napas cepat seperti setelah berolahraga.

“Anak yang menggunakan narkoba biasanya mulai sering tidur atau bermalas-malasan. Nafsu makannya juga berkurang. Tapi, pada sebagian kasus, ada pula pemgonsumsi narkoba yang justru nafsu makannya jadi berlebihan,” jelas Budi Tanjung.

Demikian 6 ciri-ciri anak terpapar narkoba, panduan dari Direktur Indonesia Narcotic Watch (INW) Budi Tanjung. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menekan penyalahgunaan narkoba.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network