Pesan Wali Kota Idris Kepada 366 Jemaah Calon Haji Depok: Jaga Lisan, Jangan Nyablak!

Tama
Jemaah haji asal Kota Depok mendapatkan pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Embarkasi Bekasi. Foto: Diskominfo Kota Depok

DEPOK, iNewsDepok.id - Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyampaikan pesan khusus di hadapan 366 jemaah calon haji (calhaj) gelombang pertama asal Depok yang hari ini berangkat ke Asrama Haji Embarkasi Bekasi. Sedianya, mereka akan bertolak ke Tanah Suci Mekah hari ini, Minggu (28/5/2023).

Sebelum berangkat, Idris menyampaikan banyak pesan untuk para jemaah calon haji, agar menjaga perilakunya.

“Sukses dan lancarnya kita di sana (Mekah) kata kuncinya cuma satu, sabar, jadi pesan saya cuma tiga, sabar, sabar, sabar,” kata Idris, di hadapan ratusan jemaah calhaj kloter 10 di Balai Kota Depok, Sabtu (27/05/23).

Dalam kesempatan ini, Idris berpesan untuk sabar dalam ketaatan kepada Allah SWT, dan Rasul-Nya, tentunya jemaah calhaj ke Tanah Suci Mekah dengan tujuan niat ibadah.

“Dan taat kepada arahan-arahan Baginda Rasulullah, itu sabar dalam ketaatan,” imbuhnya.

“Belanja di sana juga diniatkan dalam rangka ketaatan, niatkan begitu, diniatkan belanja menggembirakan anak dan cucu,” ucapnya.

Kedua, Idris berpesan untuk sabar menghindarkan diri dari perbuatan maksiat, baik dari hati, lisan dan tindakan.

“Maksiat hati jangan sampai ada sedikit rasa sombong, jangan sampai ada sedikit di kita rasa benci kepada orang, itu maksiat hati, kita hindarkan itu, niatkan benar-benar untuk kebersihan hati kita,” tegas Idris.

“Maksiat lisan, jangan sampai lisan kita terlepas, kalau orang Depok bilang jangan sampai nyablak, jangan sembarang keluar lisan kita, jadi lisan kita benar-benar dijaga,” lanjutnya. 

Kemudian, Idris juga mengingatkan, untuk tidak melakukan maksiat tindakan, khususnya kepada jemaah laki-laki harus bisa menjaga pandangannya di Tanah Haram.

“Bapak-bapak khususnya, barangkali di sana banyak perempuan Arab cantik-cantik, kalau terlihat ucapkan Subhanallah, tapi jangan hanya Subhanallah, tapi langsung istighfar,” ungkapnya.

Terakhir adalah sabar ketika mendapat gangguan, sebab, banyak ujian yang bisa memancing amarah dalam diri.

“Kita di rumah biasa on time, tapi di sana kita rombongan, rombongan kan jalannya enggak dewek-dewek (tidak sendiri), tapi mikirin jemaah lain,” jelasnya.

Idris berharap pesan kesabaran darinya ini bisa dipegang oleh jemaah calhaj hingga kepulangannya dari Tanah Suci Mekah, khususnya ke Kota Depok.

“Semoga pesan saya, sabar, sabar, sabar ini bisa dipegang sampai kita berjumpa lagi, insya Allah di Kota Depok, bersama keluarga dalam keadaan bahagia sehat walafiat,” harap Idris.

“Insya Allah saya yakin sebagai Wali Kota Depok akan menambah keberkahan Kota Depok dengan kedatangan bapak, ibu nanti, sepulang dari jemaah haji,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Jemaah Calon Haji (Calhaj) Kota Depok tahun ini mulai diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah, mulai Sabtu (27/5/2023).

Dari 1.660 Calhaj Kota Depok, sebanyak 450 orang merupakan kategori lanjut usia (lansia) yang diberangkatkan.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kota Depok, Yuli Rahmawati menjelaskan, pelaksanaan haji tahun ini difokuskan kepada jemaah calon haji lansia. Hal ini sesuai dengan slogan Haji 2023, yaitu Haji Ramah Lansia.

"Dari kuota 1.660, sebanyak 30 persennya atau 450 Calhaj di Depok kategori lansia usia 65 tahun ke atas yang akan berangkat tahun ini," dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip Rabu (24/5/2023).

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network