Vaksin Kanker Serviks HPV Gratis di Seluruh Wilayah Indonesia

Alifya Nabiila Rosyad
Ilustrasi pemberian vaksin kanker Serviks. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsdepok.id - Menteri Kesehatan Budi Sadikin menyatakan bahwa mulai tahun ini vaksin HPV akan diberikan gratis di seluruh wilayah Indonesia, perempuan Indonesia mulai dari kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar berhak diberikan vaksin HPV. 

Berdasarkan data GLOBOCAN 2021, terdapat 36.633 kasus kanker serviks di Indonesia, dan grafik angka kematian pasien kanker serviks di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun.

Pemberian vaksin HPV ini guna mencegah potensi penyakit kanker serviks pada kaum perempuan, "Tahun ini akan diberikan secara merata di 34 Provinsi di Indonesia, dan semuanya diberikan secara gratis," menurut pernyataan Kemenkes melalui keterangan resminya, Selasa (23/04/2023).

Selain itu Kemenkes juga menggencarkan pemeriksaan kanker serviks dengan menggunakan metode HPV DNA Test tetapi metode ini baru bisa dilakukan di beberapa kota di DKI Jakarta, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat dan juga Jakarta Timur.

Tetapi Kemenkes juga akan melakukan tambahan program pengembangan metode Genome Sequencing di 38 laboratorium di Indonesia untuk meneliti penyakit tersebut. Kemenkes juga mengatakan dalam pernyataannya bagi warga yang hendak memeriksakan diri terkait resiko kanker bisa mengikuti program skrining gratis. 

"Melalui BPJS yang saat ini tengah mengalokasikan Rp9 Triliun untuk pembiayaan layanan skrining yang didalamnya termasuk untuk kanker," tulisnya. 

 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network