5 Riders Konser Musisi Indonesia yang Tidak Bikin Repot Penyelenggara

Dhodi
Grup band GIGI saat tampil di atas panggung. Foto : iNews Depok/Dhodi.

DEPOK, iNewsDepok.id – Saat mengundang musisi yang akan tampil dalam sebuah konser, pihak penyelenggara wajib mengetahui riders dari musisi tersebut.

Riders merupakan bagian dari kontrak penampilan musisi yang mencakup spesifikasi sebagai fasilitas dari artis. Jika kontrak manggung musisi tersebut disepakati, maka pihak penyelenggara wajib memenuhi persyaratan yang tercatat dalam riders.

Riders biasanya terdiri dari 2 hal, yaitu teknis dan non teknis. Riders teknis biasanya lebih ke kebutuhan teknis sang musisi, termasuk spesifikasi dan jenis alat-alat musik, lampu sorot, suara (sound), dan perlengkapan panggung lainnya.

Sedangkan riders non teknis mencakup sejumlah keperluan sang musisi dari sisi makanan, transportasi, akomodasi, sampai keamanan.

Beberapa musisi tanah air ada yang memiliki riders yang sederhana dan tidak bikin repot pihak penyelanggara. Para musisi tersebut antara lain:

  1. GIGI

Grup band senior tanah air yang sudah malang melintang di industri musik Indonesia ini memiliki riders yang masih dianggap lumrah. Band yang beranggotakan Armand Maulana, Dewa Budjana, Thomas dan Gusti Hendy, biasanya meminta ruangan ber-AC dengan cermin besar, kursi untuk 15 orang, buah-buahan, 30 air mineral 600ml, 30 minuman ion, 15 C-1000, 1 cooler box lengkap dengan es batu, dan 15 handuk kecil.

  1. Sheila On 7

Dalam setiap konsernya, grup band asal Yogyakarta yang beranggotakan Duta, Eross, Adam, dan Bounty Ramdhan ini, hanya minta disiapkan tenaga medis, damkar, dan ambulans. Selain itu mereka juga meminta disediakan fasilitas laundry same day.

Saat tampil di JIExpo Kemayoran pada 28 Januari 2023, Sheila On 7 berangkat sendiri dari Yogyakarta ke Jakarta dengan naik kereta api. Sebagian personal lain ada yang bawa mobil sendiri ke lokasi konser. Untuk urusan makan dan minum, mereka juga tidak meminta tempat khusus. Bahkan sempat viral sebuah video Sheila On 7 sedang makan di warung seafood usai tampil konser di Jakarta.

  1. Ungu

Grup band Ungu mempunyai riders yang cukup sederhana. Panitia penyelenggara cukup memberikan uang makan senilai Rp2,5jt/hari, mobil kijang, panther, atau elf asal ber-AC dan berfungsi dengan baik dan aman. Selanjutnya, penyelenggara wajib menyediakan snack, air mineral dan minuman isotonik.

  1. Tulus

Musisi yang salah satu lagu terkenalnya berjudul Hati-Hati di Jalan, juga punya riders yang sederhana dan tidak merepotkan pihak penyelenggara konser. Penyanyi asal Bukittinggi Sumatra Utara ini, hanya meminta disediakan kipas angin duduk sebanyak satu buah.

Untuk urusan makanan, Tulus minta disediakan makanan daerah setempat asal tidak berbahan dasar kambing atau udang. Selebihnya hanya makanan atau minuman yang mudah untuk didapatkan.

Saat gladi resik pihak Tulus minta disediakan makanan berupa nasi putih dan menu tambahan seperti lauk pauk dan sayuran dengan kualitas baik. Sedangkan pada hari pementasan, selain makanan berkarbohidrat, Tulus juga meminta beberapa potong buah segar seperti jeruk, melon, pisang atau semangka.

  1. Judika

Penyanyi berdarah Batak yang berasal dari Sidikalang, Sumatra Utara ini, juga memiliki riders yang tidak aneh aneh. Pihak Judika minta disiapkan uang konsumsi sebesar Rp200 ribu per hari untuk 15 orang termasuk Judika dan kru.

Untuk urusan makan, pihak Judika juga hanya minta disediakan konsumsi yang cukup bagi Judika dan rombongan selama persiapan dan pementasan. Biasanya pihak Judika hanya meminta air mineral, roti dan kue-kue kecil, kopi hitam dan makanan kotak serta minuman penambah ion tubuh.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network