4 Pandangan Islam tentang Childfree yang Viral di Media Sosial, Tercantum dalam Alquran

Asthesia Dhea Cantika/Kartika
Pandangan Islam tentang childfree. Foto: NoJ/KoJ

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah 4 pandangan Islam tentang childfree yang viral di media sosial (medsos). Pandangan ini tercantum dalam kitab suci Alquran yang menjadi pedoman hidup setiap muslim.

Beberapa waktu lalu viral soal childfree di media sosial setelah seorang influencer mengungkap keputusan untuk tidak memiliki anak. Menurutnya, childfree akan membuat seorang perempuan menjadi awet muda.

Pernyataan tersebut menjadi kontroversi dan mengundang beragam komentar dari para netizen. Apalagi pernyataan si influencer tersebut menggiring pada hal-hal yang dinilai buruk.

Lantas bagaimana pandangan Islam tentang childfree? Kitab suci Alquran memberikan jawaban lengkap soal childfree berikut dalil-dalilnya, seperti dirangkum pada Kamis (16/2/2023):

Pandangan Islam tentang Childfree

Dalam pandangan agama Islam, suami istri yang telah menikah dianjurkan untuk memiliki keturunan. Jadi, keputusan tidak memiliki anak atau childfree dapat dikatakan sebagai pilihan yang tidak bijaksana.

Mengapa demikian? Berikut penjelasannya:

  1. Allah menjamin kelangsungan hidup setiap hamba-Nya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala sebagai pencipta telah menjamin kelangsungan hidup setiap hamba-Nya. Mengenai hal tersebut tercantum dalam Alquran Surat Hud Ayat 6, Allah Swt berfirman:

۞ وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

Artinya: "Tidak satu pun hewan yang bergerak di atas bumi melainkan dijamin rezekinya oleh Allah. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz)." (QS Hud: 6).

  1. Anak merupakan anugerah

Dalam Islam juga disebutkan anak dipandang sebagai anugerah yang harus disyukuri sebab termasuk pemberian Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Oleh karena itu setiap orang yang mendapat amanah sebagai orangtua harus menjalani peran tersebut dengan baik dan penuh totalitas.

  1. Anak sebagai permata hati dan kebahagiaan

Alquran juga menyebutkan keberadaan anak dalam keluarga sebagai permata hati dan kebahagiaan. Hal tersebut tercantum dalam Surat Ali Imran Ayat 14:

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَاْلأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللهُ عِندَهُ حُسْنُ الْمَئَابِ

Artinya: "Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, berupa wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)." (QS Ali ‘Imran: 14).

  1. Anak sebagai rezeki

Dalam Islam, anak juga dianggap mendatang rezeki bagi keluarga. Sebagaimana dalam Alquran Surat Al Isra' Ayat 31, Allah Swt berfirman:

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ ۖ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ ۚ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا

Artinya: "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kami-lah yang akan memberi rizki kepada mereka dan juga kepadamu." (QS Al Isra': 31).

Oleh karena itu, sebagai makhluk-Nya hendaknya kita mengikuti perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala sebagaimana telah ditetapkan dalam Alquran.

Demikianlah 4 pandangan Islam tentang childfree atau keputusan tidak memiliki anak, yang wajib diketahui setiap muslim. Wallahu a'lam bisshawab.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network