Balon Mata-Mata Juga Terbang di Langit Kolombia

Tanaka GomGom Sitinjak
Dalam pernyataannya Kolombia tidak menyebut China atau negara lain sebagai pemilik balon tersebut. Foto: Reuters

BOGOTA, iNewsDepok.id - Sebuah bola terbang yang mirip dengan Balon Mata-mata China sempat terlihat di langit Kolombia. Pihak Kolombia tidak menyebut hal itu sebagai hal yang mengancam keamanan nasional.

Peristiwa tersebut sudah dikonfirmasi secara resmi oleh militer Kolombia dalam pernyataan singkatnya, pada Sabtu (5/2/2023). Dalam keterangannya, militer Kolombia mengatakan, kemungkinan balon telah terdeteksi di sistem pertahanan udara Kolombia, pada Jumat (4/2/2023). 

Militer menjelaskan, sebuah objek telah terdeteksi diatas wilayahnya dengan ketinggian 55.000 kaki, memasuki wilayah udara negara Amerika Selatan ke Utara. Objek dikatakan bergerak dengan kecepatan rata-rata 25 knot atau 29 mil per jam.

Dalam pernyataannya Kolombia tidak menyebut China atau negara lain sebagai pemilik balon tersebut. Objek juga diindikasikan tidak berbahaya bagi keamanan nasional.

"Ditentukan bahwa itu tidak mewakili ancaman terhadap keamanan nasional," katanya. 

Penampakan objek mirip balon tersebut di Kolombia terjadi sehari sebelum pihak Amerika Serikat menembak jatuh balon tersebut dan menuding balon tersebut merupakan alat mata-mata milik China.

Sampai sekarang masih tidak ada konfirmasi resmi lain tentang balon tak dikenal yang terbang diatas langit negara Amerika Latin. Namun, dalam beberapa hari terakhir, banyak pengguna media sosial mengaku melihat penampakan balon yang sama di Venezuela dan Kosta Rika.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network