Unik! Kampung di Yogyakarta Ini Rumah Penduduknya Mirip Dunia Teletubbies

Kiki/Kartika
Kampung Teletubbies di Yogyakarta. Foto: visitingjogja.jogjaprov.go.id

DEPOK, iNewsDepok.id - Bila berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke kampung unik ini. Kampung yang bernama Desa Wisata New Nglepen ini terletak di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta.

Kampung yang disebut juga Kampung Teletubbies di Dusun Nglepen akan membuat pengunjung takjub dengan suasananya. Keindahannya seperti dunia Teletubbies di serial kartun televisi, dengan rumah-rumah penduduk yang juga berbentuk domes.

Penasaran ingin menjelajahi Kampung Teletubbies di Yogyakarta? Berikut ulasan mengenai kampung teletubbies di Yogyakarta, seperti dirangkup pada Sabtu (28/1/2023):  

Sebelum memasuki perkampungan tersebut, pengunjung akan disambut dengan patung Teletubbies berwarna merah, yang mengenakan pakaian tradisional masyarakat Jawa lengkap dengan blangkon dan mengendarai skuter. 

Keunikan dari kampung ini karena pemandangan rumah warga yang unik, berbentuk setengah lingkaran. Secara keseluruhan, kampung Teletubbies terdiri dari 80 rumah.

Sebanyak 71 rumah merupakan hunian warga, enam rumah berfungsi sebagai MCK, satu masjid, satu aula, dan 1 bangunan klinik kesehatan.

Secara umum, rumah-rumah berbentuk setengah lingkaran itu memiliki dua ruang kamar, satu kamar mandi, serta satu ruang dapur.

Walaupun terlihat kecil, namun sebenarnya rumah itu terdiri dari dua lantai di mana lantai atas terbuat dari kayu dengan tangga ulir.

Selain bentuknya yang unik dan lucu, rumah-rumah tersebut juga dicat berwarna-warni yang memberikan nuansa ceria.

Di kampung Teletubbies, pengelola setempat telah menyediakan beberapa titik yang memungkinkan pengunjung, dapat mengabadikan pemandangan dengan latar belakang rumah domes.

Perkampungan Teletubbies selain menarik juga masih hijau dan asri. Pengunjung yang bertandang ke desa ini tentu dapat menikmati nuansa asri Kampung Teletubbies.

Di Kampung Teletubbies ini pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas menarik dan seru. Di antaranya outbound, field trip, jeep wisata, bahkan ditawarkan homestay hingga tinggal bersama dengan penduduk setempat.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa mendapatkan edukasi terkait bencana alam gempa bumi. Pihak pengelola desa wisata rumah Domes juga menyediakan berbagai wahana permainan menarik seperti papan seluncur, kereta mini, ayunan dan lain-lain.

Pada akhir pekan atau hari libur bisanya ada beberapa badut teletubbies, sehingga pengunjung yang berkunjung kesana bisa berfoto bersama badut-badut lucu

Semua rumah yang dibangun di kampung Teletubbies ini bukan dibangun tanpa sebab. Bencana gempa yang meluluhlantakkan seluruh bangunan rumah, akhirnya rumah-rumah tersebut dibangun dengan bentuk domes agar kuat dari goncangan gempa.

Dengan bentuk bangunan demikian, tidak ada sambungan yang menjadi titik lemah dari bangunan ketika diguncang gempa. Ide tersebut tentunya datang dari Domes of The World Foundation yang bekerjasama dengan NGO setempat.

Selain tahan gempa, rumah-rumah dengan bentuk domes tahan dari terpaan angin hingga kecepatan 450 km/jam. Sangat menarik bukan? 

Tiket masuk dan fasilitas di Kampung Teletubbies Bagi Anda yang penasaran ingin mengunjungi desa wisata Domes, cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp5.000 dan bagi yang ingin melihat-lihat bagian dalam rumah akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000.

Sebagai tempat wisata, kampung ini tentunya dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kamar mandi, mushola, area parkir, hingga kedai makanan. Waktu untuk berwisata di Kampung Teletubbies ini jam 07.00 WIB - 18.00 WIB.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network