Lazada Indonesia Tanggapi Soal Demo Warga Jatijajar Depok

R Ratna Purnama/Iyung Rizki
Keterangan resmi Lazada Indonesia soal demo warga. Foto: Ist

 

DEPOK, iNewsDepok.id- Pihak Lazada Indonesia angkat bicara soal permintaan warga sekitar Gudang Lazada di Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Depok. Dalam keterangan resminya tertulis, sejalan dengan misi Lazada untuk mempercepat kemajuan di Indonesia melalui perdagangan dan teknologi, pihaknya berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam upaya pemberdayaan masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di dalam ekosistem ekonomi digital di Lazada.

“Di setiap lingkungan masyarakat dimana kami beroperasi, kami selalu berkoordinasi dengan masyarakat sekitar dan memastikan bahwa kami dapat berperan dan memberikan manfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta membina hubungan baik dengan masyarakat sekitar secara berkelanjutan,” kata juru bicara Lazada Indonesia dalam keterangan resminya, Senin (23/1/2023).

Hari ini telah dilakukan pertemuan antara perwakilan warga Rukun Warga (RW) 03 dengan Lazada di Gudang Lazada Cimanggis. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut atas pertemuan yang telah diinisiasi sejak Juni 2022 tentang penyerapan tenaga kerja yang berasal dari wilayah Depok khususnya dari RW.03 serta kegiatan tanggung jawab sosial untuk masyarakat sekitar.

“Pertemuan mediasi antara Lazada dan perwakilan warga RW.03 ini menghasilkan tiga poin utama,” ujarnya.

Yaitu penyerapan tenaga kerja lokal, kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, serta mempererat komunikasi antara perusahaan dan warga guna mengoptimalkan kerja sama sehingga menjadi kerja sama yang tepat sasar.

“Pembahasan teknis kesepakatan akan dilanjutkan pada pertemuan selanjutnya di bulan Februari 2023,” tulisnya.

Menanggapi perihal tenaga kerja lokal seperti yang disebutkan di atas, saat ini di Gudang LazadaCimanggis, telah menyerap warga lokal hingga 50 persen dari jumlah tenaga kerja yang ada. Jumlah ini sudah melebihi batas minimum jumlah tenaga kerja yang diatur dalam perundang-undangan yaitu sebesar 40 persen.

“Tenaga kerja lokal yang dimaksud adalah tenaga kerja yang memiliki Kartu TandaPenduduk (KTP) ataupun berdomisili di Depok,” demikian tulis keterangan tersebut.

Sebelumnya Lazada menerima permintaan warga dari RW.03 Kelurahan Jatijajar, Depok mengenai penyerapan tenaga kerja dan program sosial perusahaan, Lazada telah merealisasikankedua hal tersebut dengan proses perekrutan warga RW.03 di bulan November 2022.

Lazada telah mengundang warga RW.03 untuk mengikuti proses seleksi dan telah menyerap tenaga kerja dari warga RW.03 yang memiliki kualifikasi untuk bekerja di Gudang Lazada Cimanggis melalui mitranya.

“Menjawab permintaan warga mengenai program tanggung jawab sosial perusahaan, Lazada telahmewujudkan komitmennya dalam mendukung kehidupan masyarakat sekitar dengan mengadakan rangkaian program sosial di wilayah Depok. Lazada telah membuka sentra vaksin dan memberikan vaksinasi COVID-19 bagi ribuan masyarakat sekitar Gudang Lazada Cimanggis di bulan Juli 2021,Agustus 2021 dan Maret 2022,” tambahnya.

Lazada selalu terbuka untuk terus menjalin komunikasi dan berdiskusi dengan warga sekitar terkait pelaksanaan program atau inisiatif baru yang bisa mendorong kemajuan dan perkembangan pemberdayaan masyarakat sekitar dengan tetap merujuk pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

 

Editor : Rinna Ratna Purnama

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network