3 Perkara Tak Terputus Amalannya Setelah Meninggal, Akan Jadi Penolong di Akhirat

Poppy Indah
Ketika seseorang meninggal dunia ada 3 perkara yang tidak akan terputus dan menjadi amal jariyah, salah satunya doa anak salih. Foto ilustrasi: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id - Ketika seseorang meninggal dunia ada 3 perkara yang tidak akan terputus dan menjadi amal jariyah. Bahkan, akan menjadi penolong di akhirat kelak.

Sebagaimana diketahui, ketika seorang manusia meninggal dunia maka terputuslah semua urusan, seperti harta, jabatan, serta segala hal yang berurusan dengan duniawi. Semuanya itu tidak akan dibawa mati, kecuali 3 perkara tersebut.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

"Jika seseorang meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu) sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang salih." (HR Muslim nomor 1631)

Ustaz Dhanu memaparkan 3 perkara yang tidak akan putus amalannya setelah meninggal dunia yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak salih.

Berikut penjelasan Ustaz Danu mengenai 3 perkara yang tidak akan putus amalannya setelah meninggal, seperti dikutip dari kanal YouTube MNCTV Official, pada Minggu (8/1/2023):

  1. Sedekah jariyah

Sedekah jariyah ini, memang sedekah yang keluarkan ketika masih hidup, diberikan kepada siapa pun yang membutuhkan dan dengan catatan niatnya Lillahi ta'ala.

"Jadi sedekah itu jangan kita niatkan cari untung di dunia," katanya.

  1. Ilmu yang bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat tidak hanya untuk kepentingan duniawi, akan tetapi dapat menyelamatkan manusia hingga akhirat nanti.

"Bahwasannya apa yang kita kerjakan di dunia itu satu, yaitu Lillahi ta'ala, diawali dengan Bismillah dan diakhiri dengan Alhamdulillah," jelasnya.

  1. Doa anak salih

Anak salih senantiasa mendoakan kedua orangtuanya. Ternyata doa tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi yang didoakan, tapi juga mengalir kepada yang mendoakan.

Anak yang dimaksud merupakan yang dilahirkan, dibesarkan oleh kelurga yang juga salih. Mendidik anak tersebut agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Demikianlah 3 perkara yang tidak akan terputus amalannya setelah meninggal dunia.

Wallahu a'lam bisshawab.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network