Jasa Marga Siapkan 17 Gardu Tol untuk Antisipasi Macet di GT Cikampek Utama

Tama
Gerbang tol Cikampek Utama. Dok: Jasa Marga.

CIKAMPEK, iNewsDepok.id - PT Jasamarga Transjawa Tollroad mengoperasikan 17 gardu tol dan menyiapkan 17 mobile reader selama periode liburan Natal 2022. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama arah Trans Jawa.

"Jasa Marga telah mengoperasikan 17 gardu Tol dari 15 gardu pada kondisi normal dan dapat dioptimalkan menjadi 21 gardu tol jika terjadi penumpukan kendaraan pada Gerbang Tol Cikampek Utama arah Trans Jawa," ujar Direktur Utama Jasamarga Transjawa Tollroad, Rudi Kurniadi dilansir dari Antara, Sabtu (24/12/2022).

Rudi menambahkan, Jasa Marga juga telah menyediakan 17 mobile reader pada GT Cikampek Utama jika dibutuhkan untuk penambahan kapasitas gerbang.

Jasa Marga, juga telah menyiagakan tim Jasa Marga Siaga Nataru. Untuk mengantisipasi lonjakan kepadatan arus lalu lintas, pihaknya melakukan monitoring terhadap pergerakan kendaraan yang meninggalkan Jakarta.

"Jika terjadi kepadatan, atas diskresi pihak kepolisian, Jasa Marga akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan salah satunya memberlakukan lawan arus atau contra flow di beberapa titik untuk mengurai kepadatan. Selain itu Jasa Marga menyiagakan personil tambahan untuk layanan lalu lintas dan layanan transaksi," ucap Rudi.

Dalam kesempatan tersebut, Rudi juga menyampaikan, tercatat pada shift 1 H-1 Natal atau Sabtu 24 Desember 2022 sebanyak 22.258 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama (arah Trans Jawa). Angka ini naik 78,75 persen dibanding lalu lintas normal 12.452 kendaraan.

Sedangkan hitungan H-7 hingga H-2 Natal tercatat sebanyak 238.077 kendaraan yang meninggalkan Jakarta. Total volume kendaraan yang meninggalkan wilayah Jakarta melalui GT Cikampek Utama naik 38,69 persen jika dibandingkan lalin normal sebanyak 171.656 kendaraan.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network