Ini 5 Pesantren Modern Terbaik di Indonesia, Nomor 5 Berdiri Tahun 1852

Malika Mumpuni/net Depok
Pesantren modern terbaik di Indonesia. Pondok Pesantren Gontor di Ponorogo, Jawa Timur menjadi salah satu pesantren terbaik di Indonesia. Foto: Istimewa/Okezone

DEPOK, iNewsDepok.idPesantren modern terbaik di Indonesia, selain keunggulan dalam Pendidikan agama juga unggul di Pendidikan umum.

Gabungan unggul antara pendidikan agama dan pendidikan umum menjadikan pesantren modern dipercaya masyarakat Indonesia. Mereka pun terus tumbuh untuk melahirkan alumnus yang bermutu tinggi.

Berikut 5 pesantren modern terbaik di Indonesia :

1. Pondok Pesantren Gontor

Pondok Pesantren Gontor didirikan pada tahun 1926 di Ponorogo, Jawa Timur. Pesantren ini didirikan oleh tiga bersaudara yang merupakan putra dari Kiai Santoso Anom Besari.

Ketiga bersaudara itu adalah KH Ahmad Sahar, KH Zainuddin Fanani, dan KH Imam Imam Zarkasi.

2. Pondok Pesantren Daar El-Qolam

Pesantren Daar El-Qolam didirikan pada 20 Januari 1968 oleh KH Ahmad Rifai Arif. Selain diajarkan ilmu agama, siswa juga dibekali dengan pengetahuan umum atau formal di pesantren ini.

Mengadopsi sistem pendidikan modern, disiplin hidup dan ibadah menjadi alasan mengapa orang tua mendidik anak-anaknya di Dar El Kolam.

3. Pondok Pesantren Darunnajah

Terletak di wilayah Jakarta, pondok pesantren ini merupakan salah satu pondok pesantren terpopuler. Pondok Pesantren Darunnajah didirikan Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Islam (YKMI).

Pesantren Darnaja didirikan pada tahun 1942 oleh Abdul Manah Mukhayar.

Sebagai pondok pesantren modern, santri-santri Pondok Pesantren Darnaja berwawasan luas, akhlak mulia yang berbasis ajaran Islam.

Pesantren Darnaja sudah memiliki 14 cabang di Indonesia.

4. Pondok Pesantren Tebuireng

Pondok Pesantren Tebuireng ini didirikan pada tahun 1926 oleh Menteri Agama pertama di Indonesia yaitu KH Wahid Hasyim. Pondok Tebuireng masih memiliki sistem pendidikan yang fleksibel yaitu pendidikan formal dan pendidikan diniyah.

5. Pesantren Langitan

Pondok Pesantren Langitan terbuka untuk umum dan merupakan pesantren tertua di Indonesia. Pesantren ini didirikan pada tahun 1852 di Tuban, Jawa Timur.

Pondok Pesantren ini menempati lahan seluas 7 hektar dalam sebuah bangunan yang kokoh.

Demikian 5 Pondok Pesantren Modern di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul: 5 Pesantren Modern Terbaik di Indonesia, Ini Daftarnya

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network