Bahan Alami untuk Mengobati Batuk Anak

Legenda Kinanty Putri
Bahan-bahan alami untuk mengobati batuk. Foto: pexels.com

DEPOK, iNewsDepok.id – Kementrian Kesehatan baru-baru ini menghentikan sementara penggunaan obat-obatan sirup, terkait dengan penyakit gagal ginjal misterius yang diderita anak-anak saat ini.

Larangan obat yang tak hanya untuk paracetamol sirup, tetapi juga segala jenis obat berbentuk sirup. 

Orang tua tidak perlu khawatir, banyak alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengobati flu dan batuk anak.

Pengobatan menggunakan bahan-bahan alami tentunya lebih aman dan minim risiko untuk dikonsumsi pada saat ini. Apa sajakah bahan-bahan alami itu?

Jahe

Senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk. Iris jahe tipis-tipis sebanyak 20-40 gram, kemudian rebus sampai sari-sarinya keluar. 

Setelah itu, tuang ke dalam gelas dan diamkan sampai tidak terlalu panas sebelum diberikan kepada buah hati. Ibu bisa menambahkan sedikit madu atau susu untuk menambahkan cita rasa manis.

Madu dan lemon

Para orang tua juga bisa memanfaatkan madu yang bisa dijadikan obat batuk alami untuk menyembuhkan flu dan batuk pada anak.  Sebab, madu merupakan salah satu bahan alami yang dikenal memiliki segudang manfaat kesehatan. Salah satunya meredakan batuk dan sakit tenggorokan. 

Anda dapat membuat obat sendiri di rumah dengan mencampur dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon.  Madu dapat menenangkan tenggorokan yang sedang meradang dan jus lemon bisa membantu mengatasi hidung tersumbat.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network