Tidak Cukup Hanya 4 Sehat 5 Sempurna, Tapi Lakukan Metode 3J Agar Tetap Fit di Musim Hujan

Yusuf Emar
Ilustrasi makan sehat. Foto: Freepik/senivpetro

DEPOK, iNewsDepok.id - Di musim hujan kondisi tubuh rentan terhadap penyakit, karena itu agar tetap fit sebaiknya tetap mengatur pola makan yang unik dengan metode 3J berikut ini. Seperti apa?

dr. Ida Gunawan, M.S., Sp.GK (K), dokter spesialis gizi klinik konsultan, mengungkapkan pola makan seimbang tidak lagi ‘4 sehat 5 sempurna’, tetapi sudah ada cara unik dalam menjaga pola makan sehat.

“Pola gizi seimbang bisa didapat dengan metode 3J, yakni jumlah makanan, jenis makanan dan jadwal makan,” ucap dr Ida dalam sebuah acara belum lama ini, seperti dikutip pada Minggu (11/10/2022).

Seperti apa metode 3J ini, berikut penjelasan dari dr. Ida Gunawan:

  1. Jumlah makanan

Jumlah makanan harus sesuai dengan kecukupan dan jangan berlebihan, karena hal yang berlebihan tidak baik untuk tubuh dan juga lingkungan.

  1. Jenis makanan

Dalam memilih jenis makanan kita harus memperhatikan komponen zat gizi seperti karbohidrat jenis kompleks, protein hewani dan nabati, lemak baik, serat, vitamin, mineral dan air.

Sebaiknya mengonsumsi makanan yang tidak banyak melalui proses. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak minyak atau makanan siap saji.

"Sebaiknya usahakan untuk kembali ke alam yang hijau-hijau, terpenting yakni mudah, murah dan mampu laksana. Karena itu, makanan yang ada di alam dan jangan terlalu banyak proses," ujar dr. Ida.

  1. Jadwal makanan

Untuk jadwal makan, sebaiknya mengatur jadwal makan sebanyak lima hingga enam kali sehari. Jadwal makan tersebut bisa menjadi tiga makan utama, yaitu sarapan, makan siang dan makan malam.

Di antara jeda sarapan dan makan siang sebaiknya mengonsumsi snack. Begitu pula di antara makan siang dan makan malam diperlukan tambahan camilan sehat. Dengan makan camilan tersebut maka porsi makan malam tidak kalap.

"Makan malam porsinya harus lebih sedikit dari siang. Porsi makan malam itu seperti sarapan," jelas dr. Ida.

dr. Ida menjelaskan penerapan metode 3J serta makanan gizi seimbang, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi seseorang. Cara menghitungnya berdasarkan jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, kondisi kesehatan dan aktivitas sehari-hari.

Dengan menerapkan metode 3J maka seseorang bisa menghindari dampak konsumsi makanan berlebihan, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker, hipertensi, dan sebagainya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network