Tetap Pakai Sunscreen di Musim Pancaroba, Berikut 3 Tips Simpelnya

Muhammad Sukardi
Sunscreen tetap dipakai di musim pancaroba. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Seringkali banyak orang abai dan salah kaprah bahwa di musim pancaroba tidak perlu memakai sunscreen. Musim pancaroba adalah kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, dengan sinar matahari panas terik, lalu tiba-tiba hujan lebat.

Banyak yang berpikir, ketika hujan atau mendung maka tidak perlu menggunakan sunscreen di dalam rumah atau pun saat beraktivitas di luar ruangan atau pergi keluar rumah.

Abie Surya, Kiehl's National Field Coach menjelaskan tabir surya tetap wajib dipakai karena musim pancaroba bukan berarti sinar matahari menjadi tidak ada.

“Contohnya lagi mendung, itu tetap ada loh sinar mataharinya. Makanya kulit tetap harus dijaga, jadi ketika musim pancaroba sekali pun, ya pemakaian sunscreen tetap diperlukan," ungkap Abie di gelaran Kiehl's Sustainable Boutique Central Park, Jakarta Barat beberapa waktu lalu, dikutip Rabu (12/10/2022).

Di samping itu, pemakaian sunscreen atau tabir surya harus dilakukan secara tepat agar hasilnya maksimal bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

Berikut 3 tips simpel memakai tabir surya agar benar-benar menempel sempurna pada wajah dari Abie Surya:

  1. Pemakaian tabir surya harus diulang

Perlu diingat pemakaian tabir surya atau sunscreen bukan sekadar pakai, tetapi menurut Abie, pemakaian sunscreen ini pun harus dengan metode yang tepat. Yakni tidak absen untuk re-apply sunscreen setiap 4 sampai 5 jam sekali.

  1. Bila berkeringat lakukan cara ini

Bila cemas karena wajah berkeringat saat cuaca panas yang bisa membuat sunscreen jadi tidak melekat sempuna, maka tips simpel dari Abie adalah menepuk-nepuk lembut tisu kering di seluruh area wajah.

Dengan cara tersebut maka dapat menyerap keringat atau minyak terlebih dahulu, sebelum mengaplikasikan kembali sunscreen dengan lembut di wajah.

  1. Pilih tabir surya varian semprot

Selain itu bisa juga untuk cara yang lebih praktis, yakni dengan memilih sunscreen model varian semprot atau spray.

"Kalau mau lebih gampang bisa pakai sunscreen yang spray. Jadi, re-apply sunscreen tetap jalan namun tidak buat wajah terasa tak nyaman,” ujar Abie. ‘

Lebih lanjut menurut Abie, kombinasi sunscreen krim di pagi hari dengan sunscreen spray untuk siang hari itu tidak masalah.

“Asal penggunaan jenis sunscreennya tepat, semua aman," pungkas Abie.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network