Jangan Senang Dulu Bila Telapak Tangan Gatal, Dikira Mau Dapat Uang Ternyata Tanda 7 Penyakit Ini

Martin Bagya Kertiyasa
Telapak tangan gatal. Foto: Freepik/wirestock

DEPOK, iNewsDepok.id - Di masyarakat terdapat mitos bahwa jika telapak tangan gatal berarti kita akan mendapatkan rezeki atau uang. Tapi jangan senang dulu ya, karena bisa jadi telapak tangan gatal merupakan tanda kita menderita penyakit tertentu.  

Meskipun hal tersebut tampaknya tidak berbahaya, namun sebaiknya tetap dicari penyebab mengapa telapak tangan kita gatal.

Menurut pakar dermatologi di Chicago, Jeffrey Hsu, MD, seperti disiarkan di Livestrong, gatal-gatal di telapak tangan tanpa henti bisa menjadi tanda masalah kesehatan.

Lantas penyakit apa saja yang menyebabkan kondisi tangan gatal? Simak penjelasan berikut ini, seperti dirangkum pada Selasa (27/9/2022):

  1. Kulit kering

Salah satu penyebab gatal yakni kulit kering. Mencuci tangan lebih sering dapat mengeringkan kulit di tangan dan membuatnya gatal.

  1. Eksim

Selain itu, gatal di telapak tangan juga bisa disebabkan karena kondisi kulit yang meradang seperti eksim. Seseorang bisa sangat salah mengira masalah ini sebagai kulit kering, tetapi ada perbedaannya.

"Eksim di tangan bisa muncul dengan sendirinya tidak hanya sebagai rasa gatal, tapi juga kemerahan, pengerasan kulit dan peradangan. Pasien mungkin merasakan sensasi terbakar," tutur Hsu, seperti dilansir dari Antara.

  1. Reaksi alergi

Di samping itu, telapak tangan gatal juga bisa sebagai reaksi alergi usai kulit bersentuhan dengan zat yang mengiritasi. Misalnya, zat tersebut berasal dari sabun, deterjen, lotion atau perhiasan baru. Akibatnya, kulit jadi memerah, gatal, terasa seperti terbakar dan bengkak.

  1. Psoriasis

Selain itu, telapak tangan gatal dengan bercak tebal, merah dapat menjadi tanda psoriasis. Kondisi, yang kadang-kadang disalahartikan sebagai eksim ini adalah gangguan autoimun.

Bercak dan gatal dapat terasa selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, hilang dan kembali lagi, sering kali sebagai respons terhadap pemicu lingkungan, demikian mengutip dari Mayo Clinic.

  1. Penggunaan obat baru

Kulit gatal di telapak tangan atau di tempat lain terkadang bisa disebabkan oleh penggunaan obat baru. Berdasarkan studi Medicines September 2019, penyebab umum termasuk obat jantung seperti heparin, calcium channel blocker, ACE inhibitor dan beta blocker, serta antibiotik seperti penisilin.

  1. Carpal tunnel syndrome

Selain itu, tanda-tanda awal carpal tunnel syndrome atau saraf di telapak tangan terjepit terkadang dapat mencakup sensasi gatal atau kesemutan di tangan, pergelangan tangan, atau lengan bawah, demikian mengutip Cleveland Clinic.

Seiring perkembangan kondisi, pasien mungkin mulai merasakan mati rasa atau nyeri juga. 

  1. Tanda penyakit serius

Kadang-kadang telapak tangan yang terus-menerus gatal bisa menjadi tanda kondisi kesehatan serius yang mendasarinya termasuk diabetes yang tidak tertangani, penyakit ginjal, atau penyakit Crohn.

Lalu, kapan seseorang harus berkonsultasi ke dokter jika mengalami telapak tangan gatal? Jika gejala menjadi parah atau bertahan selama lebih dari beberapa hari, maka sebaiknya segera temui dokter spesialis kulit untuk memastikan.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network