Bukan untuk Usir Jin, Ternyata Daun Kelor Bisa Bikin Cantik dan Sehat!

Kartika
Daun kelor. Foto: Pixabay/S.V

DEPOK, iNewsDepok.id - Ternyata daun kelor dengan nama latin Moringa oliefera memiliki manfaat untuk membuat seseorang cantik dan sehat. Padahal dulu, daun kelor dikenal untuk menangkal serangan hitam, melunturkan ilmu kesaktian dan mengusir jin.  

Memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan membuat daun kelor ini dimanfaatkan sebagai obat herbal, baik diseduh sebagai minuman teh kelor maupun obat herbal. Bahkan, daun kelor diolah menjadi bubuk halus dan dijadikan sebagai suplemen makanan.

Ada tiga manfaat daun kelor untuk bikin cantik dan sehat, seperti dirangkum dari berbagai sumber, pada Selasa (30/8/2022):

  1. Menutrisi Kulit dan Rambut

Daun kelor bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Pasalnya, daun kelor memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin B2, serta sejumlah protein. Ketika digunakan sebagai minyak pada kulit dan rambut, kelor dapat melawan polutan yang merusak. Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi daun kelor.

  1. Menurunkan Berat Badan

Daun kelor bermanfaat untuk menurunkan berat badan atau diet sehat. Namun, Moringa tidak akan melakukannya sendiri. Yang lebih penting adalah makan makanan yang sehat secara keseluruhan, melakukan aktivitas fisik secara teratur, dan tidur nyenyak.

 "Karena kelor mengurangi peradangan, menstabilkan gula darah, dan meningkatkan pemecahan lemak, itu bisa menjadi cara yang berguna untuk meningkatkan upaya penurunan berat badan Anda," kata Stacie Stephenson, dokter chiropractic, dari laman Verywell, dikutip Selasa (30/8/2022).

  1. Pengobatan dan Pencegahan Kanker

Untuk kesehatan, daun kelor bermanfaat untuk pengobatan dan mencegah kanker. Pasalnya, daun kelor mengandung banyak senyawa antikanker, antara lain eugenol, niazimicin, dan isopropil isothiocyanate.

Senyawa ini bersifat bioaktif, artinya memberikan manfaat kesehatan yaitu membunuh dan berpotensi mencegah kanker berkembang.

Artikel ini tayang di Sindonews dengan judul "3 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan, Nomor Terakhir Cocok untuk Diet"

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network