Inilah 6 PSE yang Diblokir Kominfo

Kartika
Ilustrasi. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir sejumlah Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) asing yang tidak kunjung mendaftarkan platform mereka.

Situs dan aplikasi tersebut merupakan situs asing yang cukup banyak digunakan oleh netizen Indonesia. Akibatnya, sejak akhir pekan kemarin netizen pun dihebohkan dengan masalah pemblokiran sejumlah situs dan aplikasi tersebut.

Pemblokiran itu sudah mulai berlaku sejak Sabtu 30 Juli 2022.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia, per Senin (1/8/2022), masih ada enam platform digital yang masih belum terdaftar dan masuk kategori terblokir. PSE tersebut mencakup game online hingga situs layanan internet.

Berikut daftar 6 PSE yang masih diblokir Kominfo per 1 Agustus 2022:

  1. Yahoo
  2. Epic Games
  3. Steam
  4. Dota - Dota2
  5. Counter Strike - CSGO
  6. Origin

Meski sudah terblokir, enam situs tersebut masih bisa diakses di sejumlah ISP, khususnya kayanan fixed broadhand. Namun enam aplikasi itu sudah benar-benar tak bisa diakses saat menggunakan koneksi seluler seperti Telkomsel dan XL Axiata.

Sebagai informasi, sebelumnya Dirjen Aplikasi dan Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan sudah menghubungi pihak platform Dota 2 dan Steam cs. Samuel menjelaskan pihak mereka akan segera mengurus proses pendaftaran itu.

“Kami sudah berhasil ngontak Dota 2 dan Steam CS, mereka sedang memproses semoga dalam waktu dekat bisa segera menggunakan kembali,” kata Samuel, Minggu (31/7/2022).

Hingga kini proses pendaftaran itu masih nihil. Termasuk platform PayPal yang juga belum terdaftar, tapi masih dibuka agar warganet bisa segera melakukan migrasi dana.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com dengan judul Daftar 6 PSE yang Diblokir Kominfo, Hampir Semua Situs Games

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network