Pendiri Emtek Eddy Kusnadi Sariaatmadja Miliki Harta Rp43 Triliun, Kekayaannya dari 3 Sumber Ini!

Kartika/NET
Eddy Kusnadi Sariaatmadja, pendiri Grup Emtek. Foto: emtek.co.id

DEPOK, iNewsDepok.id - Pendiri Emtek Eddy Kusnadi Sariaatmadja salah satu orang terkaya di Indonesia menempati posisi ke-13. Berdasarkan Forbes, kekayaan Eddy mencapai US$2,9 miliar atau setara dengan Rp43 triliun.

Lantas dari mana sumber kekayaan Eddy Kusnadi Sariatmadja? Eddy merupakan pendiri PT Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek), yang didirikannya pada tahun 1983, sebagai distributor komputer Compaq eksklusif di Indonesia. Sebagai pendiri, ia memiliki saham mayoritas di grup bisnis ini. 

Saat ini, Grup Emtek merupakan sebuah perusahaan penyedia layanan komputer yang berkembang menjadi kelompok perusahaan modern dan terintegrasi dengan tiga divisi utama yakni media, telekomunikasi dan solusi TI, serta konektivitas.

Melansir dari laman resmi Emtek, perusahan induk Emtek berhasil melakukan Penawaran Saham Perdana sebanyak 10 persen dari jumlah modal disetor di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 12 Januari 2010. Dari proses tersebut, Emtek mendapatkan dana segar yang cukup fantastis untuk pengembangan investasi usahanya.

Nah, dengan demikian sumber kekayaan Eddy berasal dari beberapa divisi grup bisnis yang dijalankannya, di antaranya industri pertelevisian dan media.

Berikut sumber kekayaan salah satu konglomerat Indonesia Eddy Kusnadi Suriatmadja, yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Media

Di bidang media, Grup Emtek memiliki beberapa perusahaan yang menaungi saluran televisi, antara lain SCTV, Indosiar, dan O Channel. Keluarga Eddy menguasai saham SCTV mencapai 78,69%.

Di bawah kepemimpinan Eddy, aset yang dimiliki PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) yang menaungi SCTV mampu meraih keuntungan hingga senilai Rp1,82 triliun dengan penjualan bersih mencapai Rp1,2 triliun pada tahun 2006.

Pada tahun sebelumnya, Eddy membeli saham SCTV dan mayoritas kepemilikan Surya Citra Media berada di tangan Eddy.

  1. Telekomunikasi dan Solusi TI

Di samping media, sumber kekayaan Eddy Kusnadi juga berasal dari perusahaan telekomunikasi dan solusi TI yang masuk dalam Grup Emtek.

Di sektor ini, Emtek menyediakan serangkaian infrastruktur, jasa informasi, serta layanan komunikasi dan informatika.

Selain itu, divisi ini juga meliputi solusi teknologi untuk industri telekomunikasi, perbankan dan pembayaran ritel, serta solusi jasa untuk Very Small Aperture Terminal (VSAT) terintegrasi. 

  1. Konektivitas

Emtek juga menaungi divisi konektivitas yang menyediakan layanan internet, termasuk layanan TV digital wireless berbayar untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya. Melalui divisi ini, Emtek menawarkan layanan internet pita lebar nirkabel untuk kawasan Surabaya, Jakarta dan sekitarnya. 

Hingga saat ini bisnis Emtek Group terus mengalami perkembangan pesat. Tahun lalu, Emtek juga bermitra dengan Salim Group dalam upaya perluasan bisnis digitalnya.

Artikel ini telah tayang di idxchannel.com dengan judul “3 Sumber Kekayaan Eddy Kusnadi Sariaatmadja, Pendiri EMTEK Berharta Rp43 T.”

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network