6 Tips Mengolah Daging Kurban di Tengah Wabah PMK

Poppy Indah
Ilustrasi daging kurban. Foto: Dinimon/Sindonews

DEPOK, iNewsDepok.id - Perayaan Hari Raya Idul Adha di tahun ini berada di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, karena itu, kita harus pintar-pintar mengolah daging kurban.

Untuk itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida berbagi tips mengolah daging kurban di tengah wabah PMK pada hewan ternak.

Dalam kanal Youtube-nya Bunda Elly Farida yang bertajuk Sapa Bunda Spesial Idul Adha, Bunda Elly memberikan 6 tips mengolah daging kurban. Berikut tipsnya:

  1. Daging kurban tidak dicuci sebelum diolah.
  1. Jika ingin langsung diolah, rebus daging dalam air mendidih minimal 30 menit.
  1. Kalau daging tidak langsung diolah, maka daging bersama kemasan disimpan terlebih dahulu pada suhu dingin (chiller) minimal 24 jam, kemudian disimpan dalam suhu beku atau freezer.
  1. Pastikan memilih jeroan yang sudah direbus.
  1. Kalau jeroan masih mentah, rebus dahulu dalam air mendidih selama 30 menit sebelum disimpan di kulkas atau diolah.
  1. Bekas kemasan daging dan jeroan tidak langsung dibuang, direndam dahulu dengan disinfektan, pemutih pakaian atau cuka dapur.

Bunda Elly berharap, tips yang disampaikannya dapat bermanfaat untuk masyarakat Kota Depok. Meski sedang terjadi wabah PMK, momentum Iduladha dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

"Semoga kita dapat memetik hikmah dari kisah Nabi Ibrahim AS dan keluarganya. Satu momentum kita untuk berempati, berbagi, dan memberi disekeliling kita. Selamat Hari Raya Iduladha 10 Dzulhijjah 1443 H, mohon maaf lahir dan batin," pungkasnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network